oleh

PT Freeport Indonesia Diminta Pekerjakan Kembali Karyawannya

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono berharap PT Freeport Indonesia kembali mempekerjakan kembali 8 ribu karyawannya yang sudah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Harapan tersebut disampaikan Nono usai menggelar pertemuan dengan para pihak terkait, di Timika, Kabupaten Mimika – Provinsi Papua, Kamis (24/8/2017).

“Setelah berdialog dengan manajemen PT Freeport Indonesia, SKPD Kabupaten Mimika dan Serikat Pekerja PTFI di Kantor Bupati Mimika, DPD berharap 8 ribu karyawan terkena PHK itu dapat dipekerjakan kembali,” kata Nono, lewat rilisnya, Jumat (25/7/2017).

Langkah berikutnya lanjut Senator asal Provinsi Maluku itu, DPD akan bawa semua data terkait dengan kisruh PTFI dengan eks karyawannya ke pemerintah pusat karena penyelesaiannya memang tidak dapat dilakukan pada level pemerintah daerah.

“DPD RI juga akan undang sejumlah menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN dan untuk konsultasi khusus dengan Presiden,” ujarnya.

Sungguhpun demikian, pada setiap pertemuan dengan para pihak terkait, Nono tetap mengingatkan agar tetap menjaga situasi kondusif di Mimika karena persoalannya memang sudah menumpuk.

“Ada berbagai persoalan yang menumpuk, jika ada percikan sedikit saja, maka akan panjang. Kita semua harus tetap menjaga kondusifitas kawasan dan jangan ciptakan bom waktu,” pungkasnya.

Komentar