Komisi I DPR Dorong TNI Jadi Institusi Disegani Dunia

Jakarta, liputan.co.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 TNI sebagai momentum untuk memberikan dukungan terhadap kualitas alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang lebih modern. Sehingga, TNI menjadi institusi yang disegani di dunia.

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Syaiful Bahri Anshori, melalui pesan singkatnya, Kamis (5/10/2017). “Di usia yang ke-72 tahun sudah cukup matang dalam hal pertahanan negara, tentu TNI akan lebih kuat, modern dan profesional,” kata Syaiful.

Menurutnya, pasca reformasi 1998, TNI telah berubah total, dari institusi yang oleh UU pada zaman orde baru diperbolehkan terlibat dalan ranah politik, kemudian setelah reformasi, diharuskan kembali kepada jati dirinya.

“Yaitu menjadi institusi yang khusus dengan fungsi¬† ketahanan negara, ialah menjaga kedaulatan bangsa dari intervensi maupun rongrongan negara asing,” ujar Syaiful.

Ia berharap, dengan momentum HUT Ke-72 ini, TNI dapat terus meningkatkan profesionalitasnya dan terus meningkatkan kemampuan prajuritnya.

“Sambil terus meningkatkan kualitas alutsistanya, sehingga TNI menjadi Institusi yang kuat modern dan profesional. Dengan begitu, TNI akan menjadi institusi yang disegani di kawasan Asia Tenggara maupun di dunia,” tegasnya.

Untuk menuju ke arah tersebut, ia akan menyuarakan dan memperjuangkan agar TNI tumbuh menjadi istitusi yang profesional, didukung oleh kemampuan prajurit yang mumpuni dan ditopang oleh kualitas alutsistanya yang handal.

“Insya Allah, sebagai Anggota Komisi I DPR, saya akan terus mendorong ke arah itu, baik dari sisi regulasi maupun dari dukungan anggarannya. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun, Dirgahayu TNI,” imbuh Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB itu.

Komentar