Senator Papua Minta TNI/ Polri Tingkatkan Pengawasan Internal di Puncak Jaya

Jakarta, liputan.co.id – Praktik main tangkap dan melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat pedalaman yang diduga dilakukan oleh oknum aparat TNI dan Polri masih rutin berlangsung di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua.

Hal tersebut tertuang dalam laporan anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Edison Lambe sebagai hasil dari resesnya ke Provinsi Papua uang berlangsung dari 22 Juli hingga 14 Agustus 2017 lalu.

“Ketika kami di Kotamulia, Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya, ada warga melaporkan bahwa oknum TNI dan Polri diduga menangkap dan memukul warga,” kata Edison, kepada wartawan, di Gedung DPD RI, Senayan Jakarta, Senin (2/10/2017).

Oleh karena, Senator dari Tanah Papua ini mendesak pemerintah meningkatkan pengawasan internal terhadap aparat TNI dan Polri yang ditugaskan di kawasan pedalaman Papua.

Selain itu, Edison juga mengusulkan para petinggi TNI dan Polri datang ke Kabupaten Merauke untuk melihat secara langsung warga yang sering mendapat tekanan dari aparat keamanan.

“Usulan saya kepada pemerintah, agar melihat secara langsung masyarakat pribumi yang selalu mendapat tekanan diduga dari aparat keamanan di Kabupaten Merauke,” pungkasnya.

 

Komentar