Pantangan Penderita Diabetes dalam Mengkonsumsi Buah

Menjadi penderita diabetes itu berarti Anda berkomitmen penuh dalam menjaga kadar gula darah Anda agar tetap terjaga dan terpantau.

Salah satunya adalah dengan mengetahui konsumsi makanan apa yang boleh dan pantang untuk Anda makan.

Jika pada umumnya konsumsi buah sangatlah dianjurkan untuk mendapatkan manfaat sehat yang ditawarkan, hal ini sepertinya tidak berlaku bagi mereka yang menderita diabetes.

Perlu dicatat, bagi mereka yang menderita penyakit gula, ada pantangan yang perlu disimak, khususnya tentang tata cara mengkonsumsi buah.

Konsumsi buah yang dimakan tanpa dibarengi dengan buah lain, bagi penderita diabetes, sangatlah tidak dianjurkan. Mengapa demikian, karena hal ini dapat mempercepat proses penyerapan gula menuju darah. Hal yang tentunya harus dihindari oleh setiap penderita.

Namun bukan berarti penderita diabetes harus meninggalkan konsumsi buah sama sekali. Yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsinya berbarengan dengan konsumsi makan lain yang kaya akan protein, serat atau lemak.

Mengapa demikian, karena serat dan lemak diyakini mampu menahat proses pencernaan menuju usus kecil. Dengan demikian, maka kadar gula yang dilepas dalam darah dapat dibatasi sedemikian rupa.(ruf)

Komentar