Fadli Zon Anggap Perlu Pengawasan Mendalam Terhadap Otsus Papua

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan perlu pemantauan dan pengawasan secara mendalam mengenai permasalahan dugaan penyalahgunaan pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Fadli memastikan, DPR melalui Tim Pemantau Otsus Papua juga memonitor dan mengawasi berbagai masalah yang terjadi di sana.

“Kami menerima berbagai aspirasi tentang masalah yang terjadi, dan tentu saja kami akan berusaha untuk menyelesaikan hal tersebut dan menciptakan kondisi yang kondusif di Papua,” kata Fadli, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (12/03/2018).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menegaskan, akibat dari penyalahgunaan dana Otsus Papua ini mengakibatkan pembangunan yang terjadi di Papua tidak merata.

“Perkembangan di Papua itu tidak merata karena dana yang seharusnya digunakan untuk kemajuan daerahnya disalahgunakan. Oleh karena itu, saya harap hal ini segera ketemu titik terangnya, supaya Papua menjadi kondusif,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf mengatakan bahwa permasalahan Otsus Papua merupakan masalah bersama, dan harus dihadapi semua kalangan masyarakat.

“Permasalahan ini tidak hanya jadi masalah pemerintah, namun menjadi masalah DPR dan masyarakat juga. Kita semua harus bekerjasama untuk melakukan pengawasan terhadap hal ini,” imbuh anak buah Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Senin (5/3/2018) lalu, telah menyampaikan kepada Pimpinan DPR RI mengenai dugaan telah terjadinya penyalahgunaan pengelolaan dana otonomi khusus daerah Papua dari tahun 2011 hingga 2017.

Komentar