Sayangi Jantung Anda dengan Konsumsi Makanan Ini

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit mematikan yang satu ini memiliki hubungan erat dengan tingginya kadar kolesterol, khususnya LDL, atau kolesterol jahat yang bertanggungjawab atas tingginya angka kematian.

Salah memilih jenis makanan yang anda konsumsi keseharian adalah salah satu penyebab tingginya kadar LDL dalam darah. Karenanya, teramat penting untuk memperhatikan asupan harian anda demi meningkatkan taraf hidup sehat.

Berikut beberapa jenis makanan dengan kadar kolesterol rendah yang bisa anda dapatkan di pasaran seperti dilansir Authority Nutrition:

1. Alpukat
Buah yang satu ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrien yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

2. Almond dan kenari
Almond adalah jenis kacang yang juga kaya akan asam kemak tak jenuh tunggal. Sementara kenari kaya akan asam lemak omega-3, protein dan asam amino dan yang mampu mendorong kesehatan jantung anda.

3. Lemak ikan
Lemak ikan seperti salmon, mackerel dan ikan forel adalah jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Selain meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan produksi HDL, omega-3 mampu meredakan peradangan dan mengurangi resiko serangan stroke.

4. Gandum utuh
Berdasarkan hasil 45 studi, mengkonsumsi 3 porsi produk gandum utuh dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke sebesar 20 persen. Semakin banyak asupan gandum utuh yang diterima tubuh, semakin besar angka resiko di atas.

5. Coklat hitam dan kokoa
Coklat hitam memiliki bahan dasar dari kokoa. Menurut hasil sebuah studi, dengan minum minuman berbahan kokoa dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan produksi HDL.

6. Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang digunakan sejak berabad-abad lamanya. Sama halnya dengan kokoabawang putih mampu menurunkan LDL kolesterol sekali menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Teh
Teh memiliki senyawa tumbuhan yang baik dalam menyehatkan jantung. Selain teh hijau, teh hitam dan teh putih juga memiliki sifat dan manfaat yang serupa bagi kesehatan tubuh.

8. Extra Virgin Olive Oil
Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, menggunakan olive oil atau minyak zaitun dalam masakan anda, diketahui mampu mengurangi resiko seseorang terkena stroke dan serangan jantung sebesar 30 persen dibandingkan mereka yang tidak.

Komentar