Ini Harapan Senator Kepri Terhadap AJO Indonesia

Jakarta, liputan.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Haripinto Tanuwidjaya menyambut positif kehadiran Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia. Harapannya, AJO Indonesia segera berperan aktif meminimalisir hoax, fake news dan yellow jurnalisme yang saat ini mulai mengusik kebhinekaan Indonesia.

“Sebagai pribadi maupun Senator dari Provinsi Kepulauan Riau, saya sambut positif kehadiran AJO Indonesia. Tidak itu saja, saya juga menaruh harapan agar organisasi media online ini segera ambil bagian dalam aksi meminimalisir berita-berita hoax yang telah mengusik kebhinekaan kita,” kata Aripinto, lewat rilisnya, Rabu (2/5/2018).

Lebih lanjut, mantan General Indomobil Kota Batam ini menyatakan optimismenya bahwa AJO Indonesia segera hadir di seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. “Optimisme saya itu tidak berlebihan, buktinya pada 7 Mei nanti saya telah dikhabari oleh Ketua AJO Indonesia Kepri akan berlangsung pengukuhan pengurus provinsi, kabupaten dan kota se Kepulauan Riau,” ungkap Haripinto.

Pengukuhan institusi tersebut menurut lulusan University of Wisconsin Amerika Serikat itu, merupakan proses untuk bersatu-padu membangun sebuah idealisme dan profesionalitas di bidang jurnalistik online sekaligus memerangi hoax.

“Hanya melalui idealisme dan profesionalitas jurnalistiklah hoax dan sejenisnya bisa dikurangi. Saya dukung para jurnalis yang idealis dan profesional karena punya kapabilitas dan integritas dalam menghadapi fenomena berita hoax yang akhir-akhir ini mewarnai pemberitan di hampir seluruh media di Indonesia,” tegas dia.

Bahkan Haripinto juga mendorong AJO Indonesia segera menggandeng institusi-institusi yang telah berkomitmen melawan hoax. Sebab imbuh dia, hanya dengan cara dan kesadaran bersamalah berita-berita hoax yang memboncengi teknologi informasi ini dapat secara efektif dibasmi.

Komentar