Sukseskan Asian Games, Tim Medis TNI-Polri Kerahkan 4 Helikopter dan 105 Ambulance

Jakarta, liputan.co.id – TNI-Polri telah menyiapkan personel Tim Medis Kesehatan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan Medis Asian Games Ke-18 tahun 2018.

Satgas tersebut menurut Wakil Sekretaris Jenderal Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Dendi T. Danianto, dilengkapi dengan armada Ambulan darat maupun Ambulan udara berbagai tipe.

Hal tersebut dikatakan Dendi pada apel kesiapan Satgas Kesehatan TNI-Polri dalam rangka mendukung pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun 2018, di Lapangan Gedung B3 Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/8/2018).

Pemerintah lanjut Dendi, telah mempersiapkan secara optimal segala sarana dan prasarana Asian Games sehingga dapat terlaksana dengan baik, termasuk melibatkan TNI-Polri dalam hal pengamanan dan dukungan kesehatan.

“Dengan kesiapan kita hari ini, maka kita telah menunjukan kepada negara-negara kawasan Asia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games yang baik,” ujarnya.

Menurut Dendi, keberhasilan Asian Games nantinya tidak terlepas dari semangat dan peranan berbagai elemen serta loyalitas dari seluruh personel penyelenggara. Sinergitas yang telah ditunjukkan TNI-Polri saat ini merupakan hal yang luar biasa dan dapat dijadikan contoh oleh yang lain dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games.

“Mari kita satukan tekad dan samakan tujuan untuk menyukseskan kegiatan Asian Games 2018. Kita berikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia yang kita cintai,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma TNI Khairil Lubis dihadapan awak media mengatakan bahwa Satgas Kesehatan TNI-Polri telah menyiagakan sekitar 105 mobil Ambulan. “Sekitar 80 mobil di Jakarta dan 25 mobil di Palembang, ditambah dengan empat Helikopter. Setiap Ambulan diisi 3-4 personel Tim Medis TNI-Polri yang bertugas memberikan dukungan kesehatan di ring dua dan tiga atau di luar venue pertandingan,” jelasnya.

Untuk di ring satu imbuhnya, sudah ada petugasnya, termasuk pengamanan masyarakat umum, penonton dan penyelenggara serta kemungkinan ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. “Dari titik-titik itulah kita akan bergerak,” ujarnya.

Hadir pada apel kesiapan Tim Medis Satgas Kesehatan TNI-Polri, diantaranya Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS selaku Penanggung Jawab Operasional Satgas Kesehatan, Kapuskes Angkatan Darat Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B.,FInaCS.,M.Si, dan pejabat Korps Kesehatan TNI dan Polri lainnya.

Komentar