Booth Kemenpar Terbesar, Tarian Indonesia Jadi Perhatian Travel Expo Selandia Baru

AUCKLAND – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses mencuri perhatian masyarakat Selandia Baru. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu tampil dengan booth terbesar di zona Asia dan Timur Tengah dalam Pameran Travel Expo Selandia Baru di Gedung ASB Show Ground Auckland, 29 hingga 30 September 2018.

“Saya suka dengan Indonesia. Coba saya pilih di liburan nanti, karena selama ini kami ke Fiji dan Hawaii. Ingin saya coba Indonesia. Kami datang ke sini karena boothnya sangat besar dan tariannya juga sangat bagus,” kata Eddy Courtois salah satu pengunjung Booth yang juga Travel Expert dari Flight Centre Selandia Baru.

Indonesia memang tampil memukau. Memilih booth dengan cerdas. Tepat di depan pintu masuk zona Asia dan Timur Tengah, Booth Kementerian terbaik se-Asia Pasifik versi TTG Asia itu tampil lebih besar dari negara-negara lainnya.

Sebut saja Malaysia dan Thailand. Dua negara tetangga itu hanya tampil seadanya dengan satu Booth. Indonesia tampil megah dengan 3 booth sekaligus. Belum lagi, Indonesia dihiasi dengan penari-penari yang ciamik dan atraktif.

Baru hari pertama saja, Tari Sekar Jagat Bali dan Kostum Karnaval bernuansa Bali langsung menjadi perhatian pengunjung. Selain tarian, Kemenpar juga mempersiapkan kostum Karnaval dari Bali yang membuat booth tanah air semakin berwarna.

Bahkan secara mengejutkan, panitia Travel meminta penari Indonesia untuk hadir ke atas panggung utama. Padahal tidak ada dalam jadwal di panggung utama. Hasilnya, panggung langsung penuh dan tepuk tangan meriah pecah saat penari membawakan tari Sekar Jagat.

“Tarian itu bisa menjadi diplomasi sebagai pintu masuk wisatawan luar negri ke negara kita. Tarian adalah diplomasi budaya untuk mengajak wisatawan agar mengunjungi negara kita. Dan kami sangat bersyukur panitia travel menyambut gembira,”ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional IV Kemenpar Adella Raung yang juga diamini Kepala Bidang Pemasaran Area IV (New Zealand, Oceania), Titik Lestari.

Titik juga sangat gembira kalau tarian yang dibawanya ke Selandia Baru mendapat perhatian khusus. Pasalnya, pihak panitia meminta penari Indonesia untuk tampil lagi di acara hari kedua sebanyak tiga kali. “Alhamdulillah mereka sangat antusias. Tari Sekar Jagat berhasil kami bawakan di hari pertama dengan baik,”kata Titik.

Tari sekar Jagat merupakan tarian yang legendaris dan eksotis.
Jika dilihat dari kemunculan nya tarian ini memang tergolong tarian yang belum lama muncul. Tari Sekar Jagat diperkenalkan oleh seorang seniman berkebangsaan Bali Swasti Widjaya Bandem tepatnya pada pertengahan tahun 1993.

Nama tari tersebut sebenarnya diambil dari dua suku kata yakni sekar dan bali. Sekar dalam bahasa Indonesia berarti bunga dan jagat berarti alam semesta atau dunia. Pada awal pementasan nya tarian sekar jagat diiringi oleh alat musik tradisional bali berupa gambelan yang dimainkan oleh seniman I Nyoman Windha.

Adapun fungsi dari tarian sekar jagat yakni sebagai upacara sambutan bagi tamu kehormatan sekaligus dapat digunakan sebagai media hiburan.
Gerakan dalam tari tersebut menggambarkan suatu kedamaian di alam semesta sekaligus menggambarkan suasana yang semerbak oleh bebauan dari bunga. Tak heran jika tarian ini memiliki properti utama berupa ikatan bunga yang dipegang masing-masing penari yang bisa membuat pengunjung terpukau.

“Sementara untuk tarian hari kedua kami akan memberikan tarian dengan materi 10 destinasi prioritas yang telah ditetapkan pemerintah,”kata Adella yang juga diamini Titik.
Menpar Arief Yahya mengapresiasi semua kegiatannya yang berhasil menarik perhatian para wisatawan di luar negri. “Budaya dan seni tari itu makin dilestarikan makin mensejahterakan. Saya ingin seni dan budaya tanah air terus eksis dan mendapatkan panggung untuk bisa ditampilkan ke khalayak luas, apalagi di pentas berkelas internasional,” kata Menpar Arief Yahya.

Kemenpar memang selalu unjuk gigi di acara berlevel dunia. Contohnya seperti apa yang dilakukan Kemenpar di Selandia Baru.Travel Expo ini adalah kegiatan pameran terbesar di Selandia Baru. Tahun ini, Travel Expo dipusatkan di ASB Showground, Kota Auckland.

Format yang digunakan adalah B to C. Untuk memaksimalkan momen ini, Wonderful Indonesia membawa tim penari dan jugamenyertakan 5 seller yang berasal dari Bali dan Lombok yang sudah ada kerjasama dengan Flight Centre.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengeembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani, pertumbuhan positif kunjungan wisatawan asal Selandia Baru harus direspons.
“Ada pertumbuhan yang sangat bagus setiap tahunnya. Kita harus manfaatkan itu. Kita kasih tahu ke publik Selandia Baru jika Indonesia memiliki banyak destinasi yang bisa dieksplorasi. Harapan kita tentu jumlah kunjungan itu semakin meningkat. Apalagi jarak Selandia Baru dengan Indonesia relatif tidak terlalu jauh,”kata Giri.(*)

Komentar