Di Kendal, Urus KTP, KK dan Akta Kelahiran Cukup Lewat Ponsel

KILASJATENG.COM, KENDAL – Masyarakat di Kendal, yang ingin mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran kini tidak harus datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal seiring akan segera diluncurkannya sebuah aplikasi berbasis android bernama "Pak Darman".

Masyarakat bisa mengurusnya dengan memanfaatkan aplikasi layanan berbasis android. Dengan aplikasi tersebut masyarakat dipermudah dalam pendaftaran saat mengurus pembuatan dokumen kependudukan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayan terhadap masyarakat.

Nantinya dengan cara mendownload aplikasi smartphone diplaysore, pembuatan dokumen kependudukan dapat dilakukan kapan saja tanpa perlu datang ke Dispendukcapil.

Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Kendal, Cipto Utomo menjelaskan tentang komitmennya untuk memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat.

"Memberikan kemudahan untuk pelayanan terhadap masyarakat memang menjadi komitmen kami dan hal itu ingin terus kami tingkatkan lagi. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi tersebut untuk masyarat supaya lebih mudah dalam pengurusan dokumen kependudukan," kata Cipto saat ditemui dikantornya, Rabu (14/11).

Dijelaskan, Aplikasi Pak Darman atau aplikasi pelayanan administrasi dari genggaman direncanakan lounching awal 2019.

Dengan adanya aplikasi berbasis android tersebut proses pendaftaran pembuatan dokumen kependudukan bagi masyarakat akan lebih mudah tanpa harus datang ke Dispendukcapil tanpa antri dan berdesak-desakan.

"Dalam aplikasi itu masyarakat yang hanya tinggal mengisi form-formnya saja, sedang kelengkapan syarat seperti pas foto dan berkas-berkas pendukung tinggal difoto dilampirkan dan dikirim, nanti secara otimatis masuk didata base kami," imbuhnya.

Dikatakan pula untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, Dispendukcapil ditahun 2019 juga akan membuka UPTD di 4 tempat yang memberikan pelayanan dokumen kependudukan.

"Kita rencanakan pula membuka UPTD di Kaliwungu, Boja, Weleri dan Sukorejo yang kantornya sendiri memanfaatkan ruang kosong ditiap kecamatan," pungkasnya. (Gus)

Komentar