Rintis Kemandirian Industri Pertahanan, TNI Gandeng UI

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Universitas Indonesia (UI) melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan produksi hasil riset yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara TNI dan UI dilakukan oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, di Ruang Hening, Gedung Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

Panglima TNI mengatakan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan momentum yang memanfaatkan peluang dan potensi, yang dimiliki oleh TNI maupun Universitas Indonesia.

Menurutnya, Universitas Indonesia adalah lembaga pendidikan tinggi yang memiliki sumber daya unggulan serta komite riset pertahanan, sementara TNI memiliki lembaga penelitian dan pengembangan di masing-masing angkatan.

“Semoga kolaborasi antara dua insitusi ini yaitu TNI dan UI, tidak hanya mengajukan riset- riset nasional tetapi juga teknologi pertahanan Indonesia,” harapnya.

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama antara TNI dan UI, kedua insitusi ini bisa berkolaborasi pada era revolusi industri 4.0. “Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini, TNI dan UI bisa memberikan jalan keluar berkaitan dengan kemandirian industri pertahanan di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Komentar