DPR Apresiasi Kemenag dalam Penyelenggaran Haji

Jakarta – Anggota Komisi VIII DPR RI TB. Hasan Sadzily menegaskan, DPR mengapresiasi Kementerian Agama (Kemenag) dalam mengelola penyelanggaraan ibadah haji.

Demikian dikatakannya saat menjadi pembicara pada Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (24/04) malam.

“DPR sampai saat ini masih mempercayakan Kemenag untuk mengelola penyelenggaraan haji,” kata Ace.

Memang, kata Ace ada usulan dari beberapa pihak yang menginginkan penyelenggaraan haji dikelola oleh lembaga atau badan baru.

“Namun dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) haji terbaru, Kemenag tetap menjadi penyelenggara haji reguler,” jelas Ace.

Terkait penambahan kuota 10ribu yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada jemaah haji Indonesia, dirinya mengkritisi jumlah petugas yang tidak sebanding dengan jumlah jemaah. “Rasionya 1 petugas melayani 62 jemaah haji,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, jemaah lanjut usia (lansia) mendominasi kuota haji tahun ini. Maka dari itu, dibutuhan petugas yang sigap dan mampu memberikan pelayanan jemaah terbaik.

“Kita butuh petugas yang sigap dan mampu memberikan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan kepada jemaah, khususnya jemaah lansia,” tuturnya.

DPR berharap, hasil rapat kerja DPR dengan Kemenag serta BPKH terkait penambahan kuota jemaah ini dapat langsung direalisasikan juga pada tahun ini. “Penambahan anggaran juga sudah disetujui,” kata Ace.

“Dan yang terpenting, jemaah haji dapat berangkat tahun ini,” pungkasnya. (kemenag)

Komentar