Ketua DPR Pimpin Acara Penyerahan Almarhumah Ani Yudhoyono dari Keluarga Kepada Negara

Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menjadi Inspektur Upacara persemayaman almarhumah Kristiani Herawati (Ani Yudhoyono), isteri Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Pendopo Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Minggu (2/6/2019).

Bamsoet, panggilan kondang Bambang Soesatyo itu menerima jenazah almarhumah Ani Yudhoyono dari pihak keluarga yang diwakili oleh Baskoro Yudhoyono atau Ibas kepada pemerintah untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Jakarta Selatan.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia dan seluruh Anggota DPR RI, dengan sangat terharu saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Ibu Ani Yudhoyono, seraya mendoakan semoga diampuni segala dosa dan kesalahanya, serta diterima semua amal ibadahnya oleh Allah SWT. Kami percaya kepergian almarhumah di bulan Ramadan, bulan yang penuh ampunan ini, akan mempermudah perjalanan beliau menghadap Sang Khalik serta mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya,” ujar Bamsoet.

Dikatakan Bamsoet, selamat jalan ibunda. “Namamu telah terukir indah dalam sejarah perjalanan bangsa kita, kami akan selalu mengenangmu melalui karyamu yang sangat luar biasa itu. Atas nama seluruh rakyat Indonesia dan seluruh Anggota DPR RI, sekali lagi saya sampaikan, dengan sangat terharu saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhumah Ibu Hj Ani Yudhoyono seraya mendoakan semoga diampuni segala dosa dan kesalahannya serta diterima semua amal ibadahnya oleh Allah SWT,” ujar dia.

Bangsa Indonesia lanjur Bamsoet, turut merasakan kesedihan yang dialami SBY dan keluarga besarnya. Ani Yudhoyono adalah wanita yang tangguh dan menjadi cermin karakter wanita Indonesia. Lahir dari keluarga pejuang pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj Sunarti Sri Hadiyah, menjadikan Ibu Ani tak hanya tangguh secara mental kepribadian, tetapi juga kuat di dalam nasionalisme di dalam mencintai Indonesia.

“Sepak terjang Ibu Ani Yudhoyoni di dalam menjalani kehidupan dari mulai kanak-kanak, remaja, hingga mendampingi Pak SBY saat menjadi prajurit sampai Presiden Republik Indonesia syarat dengan pengalaman berharga yang dapat dijadikan pelajaran maupun teladan khususnya bagi para wanita Indonesia,” ungkap politikus Partai Golkar itu.

Selain itu, Bamsoet juga memuji bahwa sebagai seorang ibu, Ani Yudhoyono juga sukses membesarkan kedua putranya. “Terbukti saat ini Mas AHY dan Mas Ibas sukses menata karir sebagai politisi muda yang sedang moncer, baik karena kecerdasan, kewibawaan, maupun kepemimpinannya,” ujar Bamsoet sembari meminta Bangsa Indonesia mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono dan keluarga besar SBY diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah yang sangat berat ini.

“Almarhumah telah menunaikan tugas dan kewajibannya di dunia, baik sebagai anak, istri, ibu, maupun sahabat. Kami merasakan betapa kesedihan yang dialami oleh Pak SBY, Mas AHY dan Mas Ibas beserta seluruh keluarga atas kehilangan seorang yang sangat dicintai di dalam keluarga. Seluruh masyarakat Indonesia sungguh merasa kehilangan atas kepergian beliau menghadap Sang Pencipta, Allah SWT,” ujar Bamsoet.

Bamsoet turut mengagumi ketabahan dan ketegaran hati keluarga besar SBY, yang selau setia mendampingi dan mendukung almarhumah selama menjalankan perawatan di Singapura. “Keluarga adalah pondasi utama kekuatan sebuah bangsa. Dalam menghadapi situasi sesulit apa pun, antar anggota keluarga harus saling mendukung dengan cinta dan kasih sayang. Sebagaimana sudah ditunjukan oleh keluarga besar Pak SBY. Sikap seperti itu harus menjadi teladan bagi bangsa Indonesia,” pungkas Bamsoet.

Komentar