Komisi III DPR Nilai Keluarga Calon Kapolri Idham Azis Sakinah Mawadah wa Rahmah

Jakarta – Kediaman calon tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Polisi (Komjenpol) Idham Azis, di Jalan Panglima Polim III Nomor 7A, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019), didatangi jajaran Komisi III DPR RI yang terdiri dari sembilan fraksi.

Menurut Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry, kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari proses fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kapolri.

Usai berdiskusi, memberikan pertanyaan, dan masukan, Komisi III DPR RI ujar Herman, menyimpulkan bahwa keluarga calon Kapolri baik serta patut dijadikan panutan oleh seluruh anggota institusi kepolisian.

“Kesimpulan kami adalah keluarga Pak Idham Azis adalah keluarga sakinah mawadah wa rahmah yang patut dijadikan contoh oleh seluruh anggota institusi Polri. Kami berkesimpulan bahwa keluarga ini bisa menjadi panutan. Jika selesai nanti dipilih menjadi Kapolri, bapak dan ibu akan menjadi bapak ibu seluruh Anggota Polri di seluruh Indonesia,” kata Herman.

Dijelaskannya, keluarga dan pribadi semata-mata karena keluarga memberikan dukungan terhadap tugas-tugas sebagai Kapolri. “Mohon izin, mohon maaf, kenapa sampai kami masuk ke dalam kehidupan pribadi, karena ini sudah menjadi tradisi fit and proper test setiap calon Kapolri ada banyak hal-hal pribadi yang ingin kami tahu lebih jauh,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, Komisi III DPR RI juga bertanya bagaimana cara mendidik keluarga, cara mendidik anak-anak serta keseharian suami istri dalam meng-handle tugas-tugas beliau sebagai Kapolri. “Apakah istri ikut campur terlalu jauh, itu kami tanyakan tadi,” imbuhnya.

Politisi PDI Perjuangan ini pun mendoakan untuk kebaikan keluarga calon Kapolri. “Dan kami yakin mereka sanggup menjalankan tugas dan amanah tersebut, kami simpulkan bahwa kami cukup puas dengan jawaban yang kami dapat tadi dengan melihat kehidupan keluarga. Kami berharap semoga Allah SWT selalu melindungi keluarga ini dan diizinkan oleh Allah untuk terpilih menjadi Kapolri nanti,” ujar Herman.

Senada, calon tunggal Kapolri Idham Azis menyatakan memohon restu dan doa kepada semua kalangan agar uji kelayakan dan kepatutan dapat berjalan dengan lancar. “Saya tidak bisa memberi komentar yang banyak dulu, kecuali saya memohon doa restu teman-teman semua seluruh masyarakat Indonesia semoga pelaksanaan fit and proper test saya berjalan mulus bisa diridhoi oleh Allah SWT, dan saya bismillahi tawakkaltu akan melaksanakan amanah ini dengan sungguh-sungguh,” imbuhnya.