oleh

PSSI Siap Supervisi Renovasi dan Pembangunan Stadion

Federasi sepak bola Indonesia PSSI siap membantu supervisi untuk renovasi ataupun pembangunan sarana dan prasarana Stadion yang diajukan dalam penawaran tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 mendatang. Hal terpenting dalam pembangunan dan renovasi stadion, yakni sarana dan prasana yang secara fungsional sesuai dengan regulasi AFC maupun FIFA.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam pertemuan dengan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di Surabaya, Kamis (10/10). Menurut Tisha, PSSI sangat mengapresiasi bantuan pemerintah pusat dan pemeritah daerah untuk menyiapkan instruktur stadion sepak bola yang memenuhi standar internasional. “Ini sinergi yang sangat baik. Kita memang harus bergerak bersama untuk kemajuan sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Dalam proses penawaran tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021, saat ini posisinya menunggu pengumuman dari FIFA yang rencananya akan disampaikan pada tanggal 23 Oktober. Setelah itu, jika terpilih maka delegasi FIFA akan melakukan inspeksi kedua dan memulai mensupervisi pemenuhan persyaratan sarana dan prasarana. Enam bulan kemudian, FIFA akan mereview.

“Sejauh ini, PSSI masih optimistis peluang Indonesia terpilih sebagai tuan rumah cukup besar,” kata Tisha. Untuk menjadi tuan rumah, Indonesia harus bersaing dengan Brasil dan Peru.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dengan tegas menyatakan akan memenuhi semua persyaratan. “Kami akan membantu PSSI memenuhi semua persyaratannya.Kita akan lakukan renovasi dan pembangunan sarana dan prasarana stadion sesuai kebutuhannya,” kata Risma.

Surabaya akan menjadikan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai ikon kota Pahlawan. Stadion ini akan didukung sarana dan prasarana lapangan lain untuk lapangan latihan.

Selain Gelora Bung Tomo di Surabaya, PSSI mengajukan sembilan Stadion lainnya, yakni Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion si Jalak Harupat Bandung, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion I Wayan Dipta Bali dan Stadion Jakabaring Palembang. (pssi)

Loading...