Sekjen: DPD RI Bisa Berperan Di DPOD

Jakarta – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) membangun kerja sama dengan banyak pihak sebagai upaya untuk penguatan fungsi dan kewenangannya yang terkait secara langsung dengan percepatan dan pemerataan pembangunan daerah-daerah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Reydonnyzar Moenek usai mendampingi Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, saat menerima audiensi Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) seluruh Indonesia, di Ruang Delegasi Ketua DPD RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Rabu, (9/10/2019.

“Sesuai dengan posisinya sebagai institusi pengawal dan memperjuangkan aspirasi, maka DPD RI akan terus membangun penguatan institusinya. Salah satu caranya adalah menjalin kerja sama dengan Forum Staf Ahli Kepala Daerah di seluruh Indonesia,” kata Donny, panggilan beken Reydonnyzar Moenek.

Melalui kerja sama yang sangat didukung oleh Ketua DPD RI ini ujar Donny, nantinya Forsakada akan berbagai peran, dan berdiskusi serta sosialisasi tentang dengan berbagai gagasan DPD RI kepada kepala daerah.

“Kerja sama ini untuk mengoptimalisasi peran artikulasi dan agregasi yang saling mengisi dan menguatkan. DPD RI juga bisa berperan dalam Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) yang selama ini dipimpin oleh Wakil Presiden,” ujar mantan Penjabat Gubernur Sumatera Barat itu.

Melalui kerja sama ini pula kata peraih Elshinta Award tahun 2017 itu, peran Staf Ahli Kepala Daerah di seluruh Indonesia, bisa lebih dioptimalkan oleh Kepala Daerah.

Sebelumnya, di saat audiensi, La Nyalla berharap kehadiran Forsakada dapat meningkatkan sinergi antara DPD RI dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Karena harapan itu juga, Senator Indonesia dari Provinsi Jawa Timur itu menyatakan sangat mendukung kehadiran Forsakada, karena tugas dari staf ahli di pemerintahan memiliki peran strategis dan kedekatan hubungan serta komunikasi yang aktif dengan kepala daerah.

Dia tegaskan, kerja sama dengan Forsakada akan sangat menguntungkan karena dalam melaksanakan fungsi pengawasan di daerah, DPD RI dapat menjalin kerja sama dengan staf ahli yang menjadi jembatan antara DPD RI dengan Pemerintah Daerah.

“DPD RI dapat bersinergi dengan para staf ahli untuk membantu menjembatani DPD RI dalam memberi masukan kepada Kepala Daerah dalam mengambil kebijakan yang tepat mengenai program pembangunan di daerah,” ujar La Nyalla.

Di acara yang sama, Ketua Forsakada Tegoeh Wynarno menyatakan bahwa kedatangan Forsakada adalah untuk meminta dukungan DPD RI dalam rangka memberdayakan staf ahli kepala daerah dalam pengambilan keputusan terkait pembangunan di daerah.

“Kami harapkan kehadiran forum ini dapat memberi masukan kepada kepala daerah terkait dengan pembangunan di daerah. Pengalaman kami sebagai pejabat tinggi di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, sedikit banyak dapat memberikan masukan yang tepat dalam pengambilan keputusan,” ujar Tegoeh.