Intensitas Tinggi di Latihan Persiapan Akhir Timnas U23

Tim nasional Indonesia U23 melakukan persiapan akhir jelang keberangkatan mereka ke Filipina, untuk mengikuti SEA Games 2019. Mereka berlatih dengan intensitas tinggi, di lapangan C tempat latihan tim nasional, kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (19/11) pagi.

“Kami latihan pemantapan persiapan, dengan intensitas seperti ini, saya harap pemain bisa lebih siap, fisik, pemahaman taktik, mental dan teknik. Mereka banyak melakukan latih tanding dengan sesama pemain, untuk tetap menjaga kekompakan tim,” ucap pelatih kepala timnas U23, Indra Sjafri.

Setelah melakoni dua laga uji coba internasional terakhir melawan Iran, mereka tetap rutin menjalani latihan. Indra pun sudah memutuskan untuk memulangkan empat pemain ke klubnya masing-masing. Dengan pemulangan empat pemain ini, maka skuat Garuda, yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2019 Filipina ini masih dihuni 24 pemain.

Indra Sjafri mengatakan, pada SEA Games 2019 setiap tim hanya diperbolehkan membawa 20 pemain.

“Untuk pemain yang dipulangkan berikutnya, akan kami tentukan selanjutnya. Pemain yang bertahan dalam tim adalah para pemain yang memang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim,” jelas Indra yang menyebut masih harus memulangkan empat pemain lagi.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Laos, Singapura dan Brunei Darussalam. Indonesia sudah harus menghadapi Thailand di laga pertama pada tanggal 26 November 2019. Menurut Indra, pertandingan pertama melawan Thailand sangat penting. Jika bisa melewati Thailand, maka langkah berikutnya akan lebih mudah.

Untuk tampil di SEA Games, pelatih Indra Sjafri sudah mempersiapkan sejak awal tahun 2019. Di awal tahun, timnas Indonesia sukses menjuarai turnamen Piala AFF U22. Setelah itu mereka tampil di ajang kualifikasi Piala Asia U23 2020.

Pada ajang ini, Indonesia kalah bersaing dengan Vietnam dan Thailand. Pada akhir bulan Oktober, timnas Indonesia mengikuti turnamen empat negara yang diikuti tuan rumah China, Jordan, dan Arab Saudi. Terakhir Indonesia beruji coba dua kali dengan Iran dengan hasil positif 1-1 dan menang 2-1.

“Kita punya persiapan yang lumayan bagus. Beberapa laga dalam turnamen dan uji coba, mematangkan permainan tim. Pemain kita bisa merespons permainan lawan dengan baik. Mereka main dengan sabar. Kita harus percaya dan support ke tim ini. Insya Allah kita akan berusaha untuk menang,” tutur Indra Sjafri. (pssi)