Pelan-Pelan Mulai Terwujud, Rumah Baca di Waisumo Resort Buli Tinggal Menunggu Waktu

Sofifi – Setelah satu minggu yang lalu petugas Resort Buli, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Maba melakukan koordinasi dengan LSM Wahan Visi Indonesia (WVI) untuk menghidupkan kembali rumah baca di Dusun Waisimo, kemarin (26/01) petugas Resort Buli kembali menindaklanjuti bersama masyarakat. Petugas Resort Buli, yaitu Ruth, Jon, Jemi dan Eva memulai pertemuan dan perkenalan saat ibadah minggu di gereja setempat.

Pada pertemuan di gereja tersebut, Ruth diminta untuk memperkenalkan diri dan memperkenalkan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Adapun pertemuan selanjutnya dilaksanakan pada pukul 15:00 WIT di hari yang sama.

Pertemuan  kedua di sore hari melibatkan aparat dan masyarakat Dusun Waisumo, majelis gereja dan LSM WVI. Masyarakat dusun menyambut dengan baik program TNAL untuk melanjutkan kembali rumah baca yang telah lama tidak difungsikan. Menurut salah satu warga, bahwa pengaktifan kembali rumah baca akan sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk mengurangi aktifitas bermain dan digantikan dengan aktifitas belajar.

“Perlu kita percantik (rumah baca), nanti kita ganti sama kayu yang bagus, kita cat sama-sama”, kata Ruth.

Lima jam pertemuan sampai pukul 20:00 WIT, didapatkan kesepakatan bersama yaitu warga desa akan bekerjasama memperbaiki dan mengganti kayu yang lapuk dan membuat rak buku. Sedangkan warga berharap Balai TNAL membantu untuk menyediakan cat dan buku-buku bacaan.(klhk)