oleh

Pembekalan dan peningkatan kapasitas bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) penting bagi KBRI Singapura

​Singapura – Pembekalan dan peningkatan kapasitas bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) menjadi aspek yang penting dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia di luar negeri. KBRI Singapura merupakan salah satu contoh Perwakilan yang secara aktif terus melakukan upaya pembekalan.

“Buah dari upaya ini adalah wisuda terhadap 470 BMI di KBRI Singapura pada minggu lalu [red 12/1],” kata Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya menjelaskan para wisudawan yang telah mengikuti pelatihan keterampilan dasar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan (P3K).
Pelatihan dasar keterampilan yang merupakan kerja bersama KBRI Singapura dan Sekolah Indonesia Singapura hadir untuk meningkatkan kualitas SDM para BMI di Singapura.
Pelatihan ini terbagi menjadi 9 pilihan meliputi pelatihan Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggirs, Komputer, Barista, Caregiver, Menjahit, Perawatan Kecantikan Kulit dan Rambut serta Baking, dengan waktu pelatihan 3 – 6 bulan yang diselenggarakan dengan biaya sangat terjangkau bagi BMI serta peralatan dan tempat belajar yang disediakan oleh P3K Singapura.
Pelatihan dasar peningkatan keterampilan P3K Singapura ini merupakan bentuk nyata kehadiran #NegaraMelindungi bagi WNI di luar negeri. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia khususnya BMI di Singapura diharapkan dapat meningkatkan kesempatan kerja serta meningkatkan kualitas hidup WNI di Singapura. (kemenlu)
Loading...