oleh

Hadapi Virus Corona, BBPLK Medan Terapkan Model Pelatihan Online

Medan – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan mendukung langkah pemerintah dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Salah satunya melalui inovasi BBPLK Medan yang melakukan pengembangan model pelatihan online agar masyarakat dapat mengakses pelatihan di rumah.

“Pelatihan online ini terlaksana berkat kerja sama antara BBPLK Medan dan Ajar Hospitality sebagai penyedia platform dan konten pelatihan,” kata Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali, melalui keterangan tertulisnya, Jum’at (3/4/2020).

M. Ali menjelaskan, model pelatihan yang telah dikembangkan yakni pelatihan pariwisata yang meliputi receptionist; room attendant; laundry attendant; bell boy; telephone operator; dan public area cleaner. “Sasaran utama dari pelatihan online ini adalah para pekerja industri perhotelan yang dirumahkan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Covid-19,” kata M. Ali.

Ali menambahkan, para pekerja industri perhotelan dapat mengikuti pelatihan melalui skema Kartu Prakerja, sehingga diharapkan para pekerja tersebut dapat meningkatkan pengetahuan mengenai jabatan yang ditekuni. “Dan ketika kembali bekerja dapat menerapkan kompetensi yang telah dipelajari di tempat kerja masing-masing,” katanya.

Untuk mengikuti pelatihan online ini, syarat calon peserta yakni umur minimal 18 tahun; sehat jasmani dan rohani; berstatus pekerja hotel dengan jabatan sesuai pelatihan online yang dipilih dan memiliki atau dapat menggunakan perangkat untuk mengakses internet.

“Sedangkan pelaksanaan pelatihan online direncanakan pada bulan April 2020. Adapun alur pendaftaran akan dipublikasikan di media sosial BBPLK Medan,” ujar Ali.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan online ini diimbau untuk mengikuti media sosial BBPLK Medan di Instagram: @bbplk_medan (https://www.instagram.com/bbplk_medan/); Facebook: https://facebook.com/BBPLKMedan/.

“Untuk gelombang pertama dibuka tanggal 10 April 2020 dan sehari berikutnya kita seleksi. Selanjutnya tanggal 12 April, kita mulai,” ujar M. Ali.

Loading...