oleh

Indonesia: KTT ASEAN dan ASEAN Plus Three Krusial dalam Memperkuat Kerja Sama Menghadapi Pandemi COVID-19 di Kawasan​

Jakarta – Hal tersebut disampaikan Indonesia saat pertemuan virtual ASEAN Coordinating Council Working Group (ACCWG) on Public Health Emergencies pada hari Selasa, 31 Maret 2020.
Indonesia memandang bahwa KTT Khusus ini akan bermanfaat dalam share of knowledge and experiences dari pemimpin Jepang, Korea dan RRT yang telah berpengalaman baik dalam membendung penyebaran Covid-19. KTT juga akan memperkuat kolaborasi ASEAN Plus Three dalam mempermudah akses peralatan kesehatan, obat-obatan, dan kerja sama riset pembuatan vaksin.
Indonesia menilai KTT Khusus ini akan memberikan sinyal positif kepada masyarakat, dunia usaha dan investor, mengenai langkah bersama para Pemimpin ASEAN Plus Three dalam menangani penyebaran COVID-19 dan dampak ekonomi yang ditimbulkannya.
Selain mendesak diadakannya KTT Khusus, Indonesia juga menegaskan pentingnya ASEAN untuk tetap menghormati dan menjalankan komitmen dalam memberikan pelindungan dan bantuan kepada pekerja migran, termasuk bantuan untuk warga negara anggota ASEAN di negara ketiga.
Pertemuan virtual ini diikuti pejabat tinggi bidang kesehatan, politik, ekonomi, dan sosial budaya dari sepuluh negara ASEAN. Dalam pertemuan ini, Indonesia diwakili oleh Dirjen Kerja Sama ASEAN, Dubes Jose Antonio Tavares.
Pertemuan membahas berbagai upaya dalam meningkatkan pertukaran informasi dan best practices dalam mengurangi penyebaran Covid-19, termasuk mencegah mis-informasi dan fake news; saling memberikan perlindungan dan dukungan kepada warga negara ASEAN termasuk di negara ketiga; dan meminimalisir dampak sosial dan ekonomi melalui kerja sama jangka pendek dan panjang. Kerja sama tersebut akan diarahkan untuk menjamin investasi dan jasa berjalan dengan normal kembali; bantuan kepada pelaku bisnis UMKM dan kelompok rentan; serta memastikan lancarnya suplai bahan-bahan yang dibutuhkan dalam situasi pandemi.
Saat ini, negara-negara ASEAN sedang dalam proses membentuk ASEAN COVID-19 Response Fund yang diambil dari dana kerja sama ASEAN dengan negara mitra. (kemenlu)
Loading...