oleh

Pandemi Covid-19, Abdul Hakim Pantau Kebijakan Fiskal Daerah

Lampung – Anggota DPD RI Dapil Lampung KH. Ir. Abdul Hakim, MM berdiskusi bersama Pemerintah Propinsi Lampung terkait kebijakan fiskal daerah dalam penanganan Covid-19, di ruang Sekretaris Daerah Propinsi Lampung, Kamis (2/4/2020).

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Taufik Hidayat, Kepala Biro Perekonomian Elvira, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Minhairin, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Fredy.

Abdul Hakim mengaku sedang dalam masa tugas pemantauan kebijakan fiskal daerah, dana transfer dan perimbangan daerah, serta volatilitas harga ditengah pandemi Covid-19.

“Tentu dengan kebijakan pemerintah daerah ini kita berharap, ada prediksi anggaran untuk mengatasi pandemi ini, terutama untuk masyarakat terdampak dan tenaga medis yang perlu mendapat perhatian,” ujar Hakim.

Sedangkan Sekdaprov Fahrizal menjelaskan beberapa kebijakan yang diambil pemerintah daerah antara lain mengurangi belanja yang tidak prioritas seperti perjalanan dinas, kegiatan ceremonial dan lain-lain guna mengantisipasi persiapan pemberian jaminan sosial (social safety nets), juga sudah dilakukan koordinasi dengan pelaku usaha APINDO dan dinas tenaga kerja agar tepat sasaran, melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok.

“Selain itu Gubernur juga langsung menjadi ketua gugus tugas penanganan Covid-19, membentuk posko terpadu bersama TNI-POLRI, menyediakan pemakaman khusus di kota baru untuk covid-19,” ungkapnya.

Fahrizal juga meminta dukungan DPD RI agar menyampaikan kepada pemerintah pusat untuk memberikan perhatian kepada pemerintah daerah khususnya tidak ada pemotongan dana transfer ke daerah, serta petunjuk teknis terkait program pemerintah seperti penyaluran jaminan sosial dan relaksasi kredit agar tepat sasaran.

Abdul Hakim mengatakan akan terus mendukung Gugus Tugas Covid-19 berjalan optimal, masyarakat mendapat perhatian. “Mari bersatu padu dan berkolaborasi menuntaskan pandemi ini, karena ini adalah masalah kemanusiaan, semoga Lampung dapat melalui musibah ini dengan baik,” imbuhnya.

Loading...