Kemenparekraf Fasilitasi Pengembang Game Lokal Ikut Ajang Internasional Gamescom 2020

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) siap memfasilitasi kepada para pelaku industri dan pengembang game lokal untuk ikut dalam sub-event internasional dari Gamescom 2020 yakni Devcom Digital Conference 2020.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti, dalam keterangannya, Jumat (3/7/2020), mengatakan pihaknya memprioritaskan agar game-game produksi Indonesia dapat tampil di ajang internasional.

“Kami berharap bisa memberikan dukungan penuh kepada pengembang game lokal kita sehingga dapat bersaing di pasar global,” katanya.

Partisipasi Indonesia didasari data Survei Ekonomi Kreatif pada 2016 bahwa subsektor aplikasi dan pengembang permainan menyumbang 1,86 persen dari PDB Ekonomi Kreatif atau setara dengan 17,142 miliar rupiah.

Bentuk fasilitasi yang diberikan Kemenparekraf/Baparekraf untuk para perusahaan yang terpilih adalah akses penuh menuju Devcom Digital Conference 2020. “Dengan akses penuh ini, para peserta bisa mengikuti semua kelas konferensi yang ada, mengikuti B2B matchmaking online untuk mencari partner dan investor global, serta memamerkan karya-nya masing-masing dalam virtual booth yang dimiliki Indonesia,” kata Yuana Rochma Astuti.

Yuana menambahkan, peserta juga akan mendapatkan akses untuk mengikuti MeetToMatch – The Online Cologne Edition, yang akan memperkuat peluang menjalin transaksi bisnis dari perusahaan global.

Gamescom merupakan pameran game terbesar di Eropa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi COVID-19 membuat acara game yang bersifat Business to Business (B2B) serta Business to Consumer (B2C) ini harus menghentikan kegiatan offline-nya di tahun 2020 dan mengubah format menjadi online yang siap digelar mulai pertengahan Juli 2020.

“Perubahan format penyelenggaraan Gamescom secara digital saat ini dapat mengoptimalkan jumlah industri yang akan kami fasilitasi mengingat biaya yang dibutuhkan lebih efisien. Investasi ini cukup strategis karena subsektor permainan (games) merupakan subsektor yang memberikan RoI (Return of Investment) yang cukup tinggi,” ujar Yuana.

Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno, menambahkan, meskipun pasar industri game di Indonesia adalah salah satu yang terbesar, karakteristik pasarnya masih sangat sulit untuk bisa ditembus oleh pemain baru.

“Bagi para pelaku industri lokal yang relatif kecil, kesempatan bisnis terbesar malah berada di luar negeri. Meski demikian, akses ke pasar tersebut lebih sulit daripada membidik target pasar sendiri, baik dari posisi geografis maupun pemahaman lokal untuk menentukan strategi sukses terbaik,” ungkap Cipto Adiguno.

Memahami hal tersebut, inisiatif membawa pelaku industri lokal ke Gamescom adalah langkah riil dari Kemenparekraf/Baparekraf dan AGI untuk memungkinkan terjadinya transaksi bisnis. “Diharapkan dari acara ini muncul kerja sama baru seperti publishing, co-development, outsourcing, serta investasi pada produk maupun perusahaan, yang akan mendorong industri game lokal tumbuh lebih cepat,” paparnya.

Keikutsertaan Indonesia dalam Gamescom 2020 ini merupakan kali kedua secara berturut-turut. Tahun lalu, sebanyak 10 perusahaan Indonesia di bawah naungan program Archipelageek juga mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karya-karyanya di Paviliun Indonesia Gamescom 2019 serta mencari peluang transaksi bisnis di sesi Business Day.

Keikutsertaan Indonesia dalam acara tersebut menghasilkan nilai transaksi bisnis sebesar 1,15 juta dolar AS (sekitar Rp16 miliar) antara perusahaan Indonesia dengan mitra globalnya masing-masing.

Bagi perusahaan game Indonesia yang tertarik untuk berpartisipasi, pendaftaran untuk mengikuti Gamescom 2020 sudah dimulai sejak hari ini. Untuk mendaftarkan diri, dapat mengakses halaman resminya di https://agi.or.id/gamescom2020.

Pendaftaran ini terbuka bagi perusahaan Indonesia yang memiliki produk/jasa di bidang video game dan sudah berbadan hukum.
Informasi lebih lanjut mengenai ajang Gamescom 2020 ini bisa didapatkan di situs resmi https://gamescom.global dan https://devcom.global, atau dengan menghubungi contact@agi.or.id.

Devcom Digital Conference 2020 bukan hanya tempat untuk saling berbagi ilmu di industri game, akan tetapi juga menjadi titik temu bagi komunitas pengembang game seluruh dunia untuk berkumpul serta memberikan peluang besar untuk melakukan pertemuan bisnis secara daring.(kemenparekraf)

Komentar