Gotong-Royong Bangun rumah Adat untuk Warga Papua

Boven Digoel, Papua,- Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY, Kolakops Rem 174/ATW tak henti-hentinya untuk terus memberikan yang terbaik bagi warga yang berada di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Itu dibuktikan, dengan adanya pembangunan rumah adat untuk warga di Kampung Kangewot, Kabupaten Boven Digoel, Papua pada hari Minggu, 02 Agustus 2020.

Ternyata, pembangunan rumah yang dipimpin oleh Lettu Inf Eko Guruh itu, mendapat respos baik dari masyarakat sekitar. Salah satunya ialah, keberadaan warga yang secara sukarela ikut serta menyelesaikan pembangunan rumah tersebut.

“Upaya pembinaan teritorial terus kami lakukan demi terwujudnya keakraban antara Satgas dan warga di perbatasan,” ujar Dansatgas Pamtas Yonmek 516, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin.

Budaya gotong-royong, ujar Dansatgas, seakan terwujud di daerah perbatasan itu. Ia menilai, budaya itu merupakan salah satu peninggalan para pendahulu yang harus diketahui oleh masyarakat. “Sebab, gotong-royong sangat identik dengan jiwa nasionalis dan patriotisme para pendahulu kita,” bebernya.

Terpisah, Alexisius (65), Kepala Kampung setempat mengungkapkan jika dirinya sangat mengapresiasi adanya pembangunan rumah adat itu.

Pasalnya, kata dia, keberadaan rumah adat di Kampungnya, sangat dinanti-nanti oleh warga sekitar. “Kami ucapkan, terima kasih banyak pada bapak TNI. Ini suatu anugerah bagi kami,” ungkap dia.(*)

Komentar