Timnas U-16 Jalani Latihan Perdana di TC Agustus

Tim Nasional Indonesia U-16 kembali melakukan pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Senin (10/8/2020) pagi. TC ini menjadi momentum kedua kalinya Garuda Muda latihan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Seperti halnya TC bulan Juli lalu,  pemain beserta ofisial sebelumnya mendapat arahan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk menjalani TC dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah TC Timnas U-16  bulan Agustus ini mulai berjalan dan sudah latihan di lapangan hari ini. Pemain dan ofisial Timnas U-16 dalam kondisi sehat semuanya. Terima kasih kepada pemerintah kota Bekasi yang kembali memberikan izin dan dukungan kepada PSSI dengan menggelar TC di Stadion Patriot Candrabhaga,” kata Mochamad Iriawan.

Iriawan mengakui bahwa PSSI menerapkan protokol kesehatan yang ketat di TC kali ini seperti melakukan pemeriksaan rapid test kepada pemain dan ofisial setelah tiba di Bekasi. Setelah itu pemain dan ofisial mendapatkan materi protokol kesehatan dari dokter tim, penyemprotan disinfektan di ruang ganti maupun bus, menjaga jarak dalam berbagai kegiatan seperti makan, duduk di dalam bus, dan bus juga dua kali bolak-balik mengantarkan ke stadion maupun pulang ke hotel.

“Kami juga lalukan tes swab kepada pemain dan ofisial Timnas U-16. Hal ini sebagai upaya dukungan penuh PSSI kepada Timnas U-16 demi kesehatan bersama. PSSI selalu memberikan dukungan penuh dan memantau terus perkembangan Timnas U-16. Kami berharap para pemain dapat berlatih secara maksimal dan berjuang keras demi raihan prestasi Timnas U-16,” tambah Iriawan.

Sementara, pelatih kepala Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, mengungkapkan menu latihan timnya pada latihan perdana adalah adaptasi, karena habis libur 10 hari dan hari raya Idul Adha. Ia menyebut latihannya belum terlalu berat, hal ini bertujuan agar pemain bisa dengan cepat beradaptasi.

“Sesuai dengan arahan dan petunjuk Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) pemain sudah berkumpul dan mengikuti pemusatan latihan hingga nanti tanggal 30 Agustus 2020. Hanya ada dua pemain yang belum bergabung, karena masih harus menunggu hasil swab test di daerahnya masing-masing, karena setiap daerah pasti memiliki aturan-aturan berbeda, ada yang dua hari sampai tiga hari,” ungkap Bima.

Untuk diketahui kembali, sebanyak 30 pemain disiapkan oleh Bima Sakti. 18 pemain didatangkan kembali dari latihan sebelumnya. Sementara itu, 12 pemain baru, dipanggil pada pemusatan latihan bulan Agustus ini. Bima juga menuturkan mengenai alasannya memanggil pemain baru masuk ke dalam timnya.

“Mengenai pemanggilan pemain baru, itu karena kami masih memerlukan opsi dan alternatif di beberapa posisi dan kita memanggil mereka untuk di seleksi. Artinya mereka memiliki kesempatan untuk memberikan yang terbaik dari kemampuannya dan kita harapkan bisa cepat adaptasi serta kita lihat dalam satu minggu ini apakah mereka layak masuk timnas U-16 ini. Semua itu tergantung pemainnya itu sendiri,” jelas Bima.

Timnas U-16 dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFC U-16  2020 pada 25 November hingga 12 Desember mendatang di Bahrain. Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina.

Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.

Daftar Nama 30 Pemain Untuk TC Timnas U-16:
1. I MADE PUTRA KAICEN – BALI UNITED
2. KADEK AREL PRIYATNA – BALI UNITED
3. MOCHAMMAD ADITYA RANGGA SAPUTRA – PERSEBAYA SURABAYA
4. MARCELL JANUAR PUTRA – BALI UNITED
5. MIKAEL ALFREDO TATA – PERSIPURA
6. ALEXANDRO FELIX KAMURU – BARITO PUTERA
7. FERRE MURARRI – BHAYANGKARA FC
8. MUHAMMAD FAQIH MAULANA – BHAYANGKARA FC
9. ADITYA DAFFA AL HAQI – BARITO PUTERA
10. DIMAS JULIONO PAMUNGKAS – PERSIB BANDUNG
11. RESA ADITYA NUGRAHA – PERSIJA JAKARTA
12. MOCHAMMAD FAIZAL SYAIFULLAH – PERSELA LAMONGAN
13. RAKA CAHYANA RIZKY – PERSIJA JAKARTA
14. MARSELINO FERDINAN – PERSEBAYA SURABAYA
15. DIANDRA DIAZ DEWARI – PERSIB BANDUNG
16. AHMAD ATHALLAH ARAIHAN – SKO RAGUNAN
17. VITO RAMADYZKY – PERSIKABO
18. MUHAMMAD VALERON – PERSIB BANDUNG

Pemain Baru:
19. DIO RIZKY SAPUTRA – BHAYANGKARA FC
20. MUHAMMAD TEZAR BRIANTAMA – SSB ASIOP JAKARTA
21. RIDHO ADI NUGRAHA – SSB CIPTA CENDIKIA BOGOR
22. RAFLY IKRAM SELANG – SSB CIPTA CENDIKIA BOGOR
23. TIRIEC ADRIANO MANURI JR – WANAAL BINTUKA FC
24. BANI SATRIANI NURDIN – SSB POR UNI BANDUNG
25. RIDWAN FIRDIAN RAHMATULLAH – SSB INDONESIA MUDA
26. M. AQIL NAUFAL – JONG ACEH
27. I KOMANG BARCA ABHIRAKSITA – PARADISE FOOTBALL ACADEMY
28. MUHAMMAD RAUFA AGHASTYA – SSB POR UNI BANDUNG
29. SANDI JOAN PERMANA – SSB ELANG TIMUR SEMARANG
30. DAFFA KURNIA HAMDI

Komentar