153 Rumah Warga Kabupaten Pakpak Bharat Rusak Berat Akibat Angin Kencang

JAKARTA –  Ratusan rumah mengalami kerusakan dengan tingkat yang berbeda akibat angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara. Kejadian tersebut berlangsung pada Selasa lalu (22/9).

Sebanyak 155 unit rumah warga setempat mengalami rusak berat, sedangkan 59 lainnya rusak sedang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pakpak Bharat mengidentfikasi 174 rumah rusak ringan. Warga terdampak berjumlah 416 KK.

BPBD setempat melaporkan kondisi telah kembali kondusif pascakejadian. Angin kencang terjadi sore hari, sekitar pukul 16.00 WIB, saat hujan dengan intensitas tinggi berlangsung.

Wilayah Kabupaten Pakpak Bharat memiliki potensi cuaca ekstrem dengan tingkat kategori sedang hingga tinggi. Dalam dua hari ini, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca, salah satunya untuk wilayah Sumatera Barat, mengenai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Masyarakt terus diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi cuaca ekstrem pada wilayah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan cepat mengidentifikasi tempat berlindung apabila berada di luar bangunan, seperti saat berlindung di bawah pohon. (bnpb)

Komentar