oleh

Berjerawat Karena Pakai Masker? Cobalah Tips Ini

Kondisi new normal saat ini mengharuskan kita semua menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah, dengan kata lain masker harus dipakai secara teratur dan untuk jangka waktu yang lebih lama karena COVID-19 dan hal itu dapat mempengaruhi kulit kita. Saat kita bernafas, wajah kita cenderung terperangkap dengan hawa panas di dalam masker yang kita gunakan dan membuatnya menjadi lembab. Dengan kata lain, tempat yang sempurna untuk jamur, bakteri, dan mikroba kecil lainnya berkembang di sana. Ketidakseimbangan dan gesekan bakteri dari masker ini dapat memicu munculnya jerawat dan rosacea serta sesuatu yang disebut dermatitis perioral, saat jerawat dan pustule halus muncul di sektar hidung dan mulut.

Untungnya, ada cara untuk mencoba dan menjaga maksne tetap terkendali, berikut adalah beberapa tips dari Soompi.com untuk mengatasi maksne (jerawat yang timbul akibat menggunakan masker).

  1. Tetap melakukan perawatan kulit secara rutin. Menggunkan masker tidak bisa melindungi wajah Anda dari polusi udara atau sinar UV, jadi selalu pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya setiap hari dan juga selalu membersihkan wajah setelah berkegiatan di luar rumah.
  2. Tidak memakai riasan wajah terlalu tebal. Hal ini dapat menyebabkan riasan wajah anda mengendap di dalam pori-pori wajah saat suhu dalam masker meningkat. Pengendapan riasan akan mengundang bakteri dan membuat jerawat muncul.
  3. Jaga kebersihan masker Anda. Jangan menggunakan masker yang sudah lama berkali-kali, walau kelihatan bersih, belum tentu masker itu benar-benar bersih. Kurangi juga intensitas tangan Anda menyentuh masker.

Tetap jaga kebersihan Anda bai itu wajah ataupun tubuh. Mejaga kebersihan akan membantu tubuh lebih sehat dan wajah yang bersih. Wajah yang sehat dan bersih akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. (na)

Komentar

Loading...