oleh

Bosan? Lakukan Beberapa Hal Menyenangkan Ini di Rumah

LIPUTAN.CO.ID – Kembali lagi kita membahas tentang masa pandemi di tahun 2020. Hingga saat ini masih banyak kegiatan kerja dan belajar yang dilakukan dari rumah. Kita menghabiskan sebagian besar waktu di rumah dan ini membuat tingkat kejenuhan meningkat. Melihat pemandangan dan suasana yang sama dalam waktu yang lama. Perasaan jengah mungkin akan sering datang dan membuat mood menjadi tidak stabil.

Untuk itu kami memberikan beberapa saran yang mungkin bisa meringankan kejenuhan selama Anda berkegiatan di rumah. Berikut ini beberapa saran yang mungkin bisa anda lakukan dikutip dari Wisebread.com.

  1. Membuat menu masakan baru

Ketika Anda merasa bosan dengan atmosfir rumah yang begitu-begitu saja, mungkin Anda bisa merubahnya dengan membuat resep makanan baru yang Anda buat sendiri. Buatlah apa saja sesuka hati anda, mungkin dengan melihat inspirasi dari media sosial atau buku resep dan membuat makanan versi Anda sendiri. Buatlah masakan menjadi sebuah seni yang special.

  1. Mengedukasi diri sendiri

Terkadang mempelajari hal-hal baru membuat otak menjadi lebih fresh dan menghilangkn rasa jenuh karena otak menjadi terpacu untuk berfikir. Belajar tidak perlu mengeluarkan biaya, bisa dengan membaca kembali pelajaran-pelajaran sekolah, membaca e-book gratis yang ada di mesin pencari, atau menonton video kelas online yang ada di media sosial. Hal ini akan memacu otak untuk memproduksi hormon adrenalin yang membuat tubuh menjadi bersemangat.

  1. Mengecat ruangan

Lupakan warna-warna natural dan pikirkanlah warna-warna segar seperti biru dan hijau dengan percikan warna kuning atau emas dengan hitam, putih, dan merah. Atau jika Anda suka dengan hal-hal yang menantang, cobalah sesuatu yang menyenangkan dengan mencari ide melukis dinding.

  1. Mengatur ulang lemari berkas

Lemari buku adalah hal yang mungkin jarang di perhatikan oleh beberapa orang, sampai saat mereka membuka pintu lemari dan menemukan banyak dokumen-dokumen lama yang tertumpuk dan sudah tidak diperlukan lagi. Jadi, sortirlah berkas-berkas penting dan buang berkas-berkas yang sudah tidak terpakai.

  1. Membersihkan lemari baju

Terkadang bagi beberapa orang membereskan lemari baju bukanlah hal yang rutin dilakukan, terutama untuk lemari baju-baju lama. Baju-baju lama yang sudah tidak terpakai mungkin menyumpal dan berbaur dengan beberapa baju baru. Tak jarang juga terbaur dengan beberapa barang lain seperti bando, kaos kaki, pakaian dalam yang terselip dan lain-lain. jika Anda termasuk kedalam orang yang seperti ini, membenahi lemari baju mungkin bisa Anda lakukan untuk sejenak menglihkan pikiran Anda dari hal-hal yang membuat Anda jenuh.

  1. Mengatur ulang tata letak benda-benda di ruangan Anda

Menata ulang ruangan Anda dapat membantu membuat suasana baru di ruangan Anda, mencoba menggeser kursi dan meja ke sudut lain, menta meja belajar menjadi lebih menarik, atau mengubah posisi kasur tidur Anda. Anda bisa juga menambahkan beberpa dekorasi atau hiasan dinding yang segar.

  1. Menghubungi teman lama

Untuk mencari inspirasi baru dan menghilangkan rasa jenuh, mungkin berbincang dengan kawan lama bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba. Terkadang mengobrol dengan kawan lama dapat mengingatan kita dengan hal-hal di masa lalu, hal konyol, menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, bahkan hal memalukan. Hal ini berguna untuk membuat pikiran Anda lebih terbuka.

  1. Menyortir pesan di ponsel anda

Apakah Anda orang yang senang menimbun pesan? Baik di kontak masuk ponsel atau bahkan kontak masuk Whatsapp, Line, Kakao, Instagram, dan sebagainya. Menyortir pesan yang masuk dan menghapus beberapa pesan mungkin bisa Anda lakukan ntuk sekedar menghilangkan rasa bosan. Menyortir pesan dapat membatu kita mengingat hal-hal yang mungkin saja terlupakan, selain itu dapat membuat penyimpanan di ponsel Anda menjadi lebih longgar.

  1. Menonton movie atau series

Kegiatan satu ini bisa jadi kegiatan yang sangat digemari akhir-akhir ini. Menonto movie atau series menjadi salah satu alternative yang cukup menarik untuk dicoba. Melihat kish-kisah hidup yang ada di dalam film bisa saja menjadi motivasi untuk lebh giat dalam melakukan hal-hal di dunia nyata. Memberikan inspirasi ketika pikiran sedang buntu dengan projek-projek yang belum terselesaikan.

  1. Workout

Terlalu banyak diam di rumah menjadikan mungkin sebagian orang menjadi malas bergerak dan lebih memilih rebahan. Melakukan sedikit workout akan sangat berguna menghilangkan kejenuhan dalam fikiran dan menghilangkan lemak jenuh yang sudah bersarang sekian lama di tubuh jenuh Anda lakukan sedikit gerakan peregangan dan melompat atau menari, dan Anda akan merasa lebih rileks dan segar.

 

Itulah beberapa kegiatan yang mungkin bisa Anda lakukan di rumah untuk mengikis kejenuhan. Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lain yang dapat Anda lakukan, intinya lakukan hal-hal yang dapat membuat pikiran anda menjadi segar dan rileks. Ketegangan yang didapat dari tugas-tugas yang menumpuk tidak baik jika terus bersarang di otak Anda. Tarik nafas, tahan, dan lepaskan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan mood Anda. Semangat! (na/mg)

Komentar

Loading...