Diana Rigg, legenda “The Avengers” dan “Game of Thrones” Tutup Usia

LIPUTAN.CO.ID – Dina Rigg, pemenang Tony dan Emmy yang terjun ke dunia hiburan dengan perannya sebagai agen intelejen Ema Peel di “The Avengers” pada 1960-an dan memerankan Lady Olenna Tyrell di “Game of Thrones” beberapa dekade kemudian, meninggal pada hari Kamis di rumahnya, di Inggris. Ia berusia 82 tahun.

Rigg adalah sosok terhormat di industri hiburan musik Inggris yang bekerja tanpa henti di panggung, TV, dan film. Dia terkenal dan memiliki peran kunci dalam serial TV terbesar dalam dekade terakhir, hal itu merupakan capper karir yang cocok untuk Rigg.

Di HBO “Game of Thrones” Rigg berperan sebagai Olenna Tyrell, juga dikenal sebagai Quenn of Thorns, dimulai dengan musim ketika pada 2013. Ia dinominasikan Emmy untuk aktris tamu dalam sebuah drama untuk karyanya di acara itu pada 2013 sampai 2015.

“dia adalah orang yang baik dan murah hati yang senang membantu orang-orang yang mengenalnya dan juga seorang aktris hebat. Dia meninggal kekosongan yang besar di hati saya,” kata Lionel Larner, teman lama Rigg dan seorang agen bakat.

Di ITV “The Avengers,” serial spionase Inggris yang memadukan elemen sci-fi, fantasi dan surealis dengan cerita caper dan humor offbeat, Patrick Macnee membintangi 1961-1969 sebagai John Steed bertopi bowler, yang bekerja bersama berbagai agen wanita selama pertunjukkan itu berlangsung, di mana Mrs. Peel yang jenaka, cerdas, dan mengenakan pakaian kucing, adalah yang paling berkesan. Aktris ini muncul dalam 51 episode dari seri 1965-1968, dan menndapatkan dua kali nominasi Emmy untuk karyanya, pada tahun 1967 dan 1968. Pada tahun 2000 ia berbagi penghargaan BAFTA khusus dengan Honor Blackman, Joanna Lumley dan Linda Thorson. Menjadi lawan main Macnee’s Steed di “The Avengers.”

Adaptasi fitur dari serial ini, dibintangi oleh Ralph Fiennes sebagai Steed dan Uma Thurman sebagai Mrs. Peel, dirilis pada tahun 1998. Macnee meninggal pada bulan juni 2015. Baru-baru ini Rigg muncul di BSkyB dan “You, Me and the Apocalypse” NBC pada tahun 2016.

Selain ia memenangkan EMMY karena memerankan Ny. Danvers dalam adaptasi TV “Rebecca” pada tahun 1997. Dia juga menerima nominasi Emmy pada tahun 1975 untuk aktris utama dalam program khusus untuk “In This House of Brede,” di mana dia berperan sebagai seorang wanita pengusaha London yang memilih menjadi seorang biarawati, pada tahun 2002 menjadi aktris pendukung dalam sebuah miniseri atau film “Victoria & Albert.”

Enid Diana Elizabeth Rigg lahir di Doncaster, Yorkshire, Inggris; dia menghabiskan masa kecilnya di India. Dia melakukan pelatihan sebagai aktris di Royal Academy of Dramatic Art dari tahun 1955-1957, dan membuat debut panggung profesionalnya di “The Caucasian Chalk Circle” Brecht pada tahun 1957.

Rigg adalah anggota Royal Shakespeare Company dari 1959-1964, berkelilling Eropa dan AS sebagai Cordelia dalam produksi RSC dari “King Lear” (dia mengunjungi kembali drama pada tahun 1983, ketika dia menjadi Regan hingga Laurence Oliver’s Lear); dia juga seorang Viola dalam pementasan RSC “Twelfth Night”tahun 1966. (NA)

 

Source: Veriety.com

Komentar