oleh

Maskeran di Rumah yuk!

Memanjakan wajah mungkin dapat menjadi salah satu cara untuk merelaksasikan diri. Terutama di masa pandemi ini. Wajah menjadi kusam dan berjerawat akibat stress dan tekanan untuk beberapa pekerja atau pelajar yang disibukan dengan work from home dan learn from home. Perawatan wajah oleh professional mungkin membutuhkan biaya yang cukup mahal, beberapa orang juga mungkin berpikir dua kali untuk mengeluarkan kocek mengingat pendapatan yang masih belum stabil. Maka dari itu kami membuat artikel ini untuk membantu memanjakan wajah di rumah hanya dengan bahan-bahan sederhana.

  1. Timun

Menggunakan masker mentimun dipercaya mampu menyejukkan kulit, mengurangi iritasi dan kulit bengkak, serta mengobati jerawat dan kulit terbakar. Sangat cocok digunakan di musim panas agar wajah tetap terasa nyaman dan sejuk. Selain menyejukkan bagian tengah mentimun juga mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan.

Menggunakan masker timun juga sangat mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu, bisa dengan mencuci wajah boleh juga dibersihkan kembali menggunakan toner pembersih wajah. Kemudian ambil sebuah timun segar lalu potong tipis-tipis, simpan di piring kecil kemudian tempelkan lembaran-lembaran timun pada wajah. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. Setelah itu basuh wajah dan keringkan. Anda bisa memasukan timun ke dalam kulkas terlebih dahulu agar rasa segar lebih terasa.

Menggunakan masker wajah bisa dilakukan di semua waktu, baik malam sebelum tidur, pagi sebelum beraktifitas, ataupun sore hari sambil bersantai menikmati senja. Yang terpenting adalah konsistensi.

  1. Bengkoang

Bengkoang sangat baik dikonsumsi secara langsung maupun digunakan untuk masker wajah, karena bengkoang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini mampu mencegah efek buruk radikal bebas pada kulit yang mengakibatkan penuaan dini yang ditandai dengan kulit keriput. Kandungan nutrisi yang ada dalam bengkoang yaitu vitamin E, selenium, dan beta-karoten. Dengan kandungan-kandungan ini bengkoang mampu mencerahkan warna kulit, melembabkan dan menjaga kesehatan kulit, mengatasi flek hitam, menghambat proses penuaan dini, dan mengurangi katung mata atau mata panda.

Lalu, bagaimana cara membuat masker bengkang di rumah? Caranya mudah sekali. Ambil beberapa buah bengkoang, kupas lalu parut bengkoang hingga halus. Setelah itu ambil sari pati bengkoang dengan cara memerasnya hingga air bengkoang keluar. Buang ampasnya dan biarkan air bengkoang selama beberapa saat sampai pati bengkoang mengendap di dasar wadah. Buang air bengkoang dan sisihkan pati bengkoang. Pati bengkoang bisa langsung digunakan sebagai masker. Juka pati bengkoang terlalu banyak untuk satu kali pemakaian, pati bengkoang bisa di simpan dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu. Jemur sisa pati bengkoang hingga benar-benar kering, lalu simpan dalam toples. Untuk menggunakan pati bengkoang kering sama halnya dengan menggunakan bedak dingin. Campurkan saja dengan air. Tapi jika ingin mencampurkan bahan-bahan lain pun akan lebih bagus. Bisa menggunakan madu, air mawar dan lainnya.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin antioksidan A, C dan E ditambah vitamin B12, asam folat dan kolin. Sama seperti bengkoang kandungan antioksidan dalam lidah buaya membentu mencegah penuaan dini. Selain itu dengan kandungan nutrisi yang ada dalam lidah buaya dapat membantu menghkilangkan bekas jerawat, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menjaga kelembapan kulit. Penggunaan rutin selama sebulan membantu menghilangkan bruntusan pada wajah.

Membuat masker lidah buaya sendiri tidaklah sulit. Siapkan beberapa batang lidah buaya, lalu buang pinggiran durinya dan belah lidah buaya menjadi dua untuk mengambil gelnya. Simpan di sebuah mangkuk kemudian gel lidah buaya bisa langsung di aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit kemudian basuh wajah dengan air hangat. Biasanya untuk sekali pemakaian masker tidak akan menghabiskan satu batang lidah buaya. Untu menyimpan dan memudahkan ketika ingin menggunakan masker lidah buaya, Anda dapat menyimpan gel lidah buaya di dalam toples dan menaruhnya di kulkas untuk menjaga lidah buaya tetap segar dan bertahan lama. Jika ingin menggunakannya lagi cukup ambil gel dan letakkan di mangkuk kecil dan aplikasikan pada wajah. Anda juga dapat menambahkan bahan lain ke dalam masker lidah buaya, seperti mencampurkan cairan lemon.

  1. Madu

Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah yang sangat bermanfaat bagi manusia, baik untuk kesehatan mmaupun kecantikan. Manu mengandung fruktosa, glukosa, protein, asam amino, mineral, enzim, dan lainnya, membuat madu dapat dapat menjadi antioksidan dan anti aging alami. Dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, madu dapat membantu menghilangkan jerawat, melembabkan kulit wajah, menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat, mencerahkan kulit, mengurangi keriput wajah dan masih banyak lagi.

Mari kita buat masker madu di rumah! Cara pertama mengolah madu menjadi masker adalah dengan mencampurkan madu dengan kayu manis, kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk menyamarkan bekas jerawat gunakan maser madu dengan kunyit. Campurkan kedua bahan tersebut kemudin oleskan di bagian yang terdapat beas jerawat, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air. Jika tidak ingin menggunakan campuran apapun juga tidak apa-apa. Anda bisa langsung mengoleskan madu pada wajah, mendiamkannya 15-20 menit kemudian basuh dengan air bersih.

  1. Alpukat

Siapa yang tidak tahu buah alpukat? Buah dengan banyak manfaat dan kandungan nutrisi yang sangat bergun bagi tubuh. Selain dapat membantu menurunkan berat badan karean kandungan lemak baikknya, alpukat juga sangat bagus digunakan sebagain masker wajah. Alpukat mengadung folat, vitamin B, vitamin C dan E, lemak jenuh tunggal, dan lutein yang bersifat antioksidan.

Untuk membuat masker alpukat dirumah dibutuhkan satu buah alpukat matang dan satu sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut, aduk hingga membentuk pasta halus. Selalu bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai masker, membasuhnya menggunakan air hangat membantu membuka pori-pori pada wajah yang memudahkan nutrisi menyerap dengan baik pada wajah. Aplikasikan masker pada wajah dan diamkan semala kurang lebih 20 menit. Kemudian bersihkan wajah menggunakan air hangat dan lap hingga kering. Diamkan lagi selama 10 menit kemudian basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah satunya di rumah? Pada dasarnya semua bahan sebenarnya mengandun nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan wajah. Namun, keefektifannya kembali lagi pada konsistensi kita dalam menggunakan masker ini. Jadi kuncinya adalah konsistensi. Selamat mencoba! (na)

Komentar