oleh

Minuman Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Loh, Coba Yuk

LIPUTAN.CO.ID – Sistem kekebalan dalam tubuh terus menerus aktif untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terlindung dari bebagai penyakit. Terutama di masa pandemi ini, sistem imun dalam tubuh menjadi lebih ektra dalam bekerja menjaga kesehatan tubuh. Karena sistem imun dalam tubuh selalu aktif sel-sel dalam tubuh terus terkuras dan membutuhkan regenerasi sel. Untuk peregenerasian sel dalam tubuh diperlukan asupan vitamin dan mineral yang sehat agar energinya tetap stabil.

Dikutip dari Healthline.com, Berikut adalah beberapa ramuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh atau melawan virus seperti pilek atau flu. Mari pelajari kandungan nutrisi di setiap jus, smoothie, atau susu untuk mengawali hari sehingga tubuh selalu fit sepanjang hari.

1. Jeruk, Anggur dan berbagai jenis jeruk lainnya.

Ramuan ini mengandung lebih dari cukup asupan vitamin C harian. Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang melindungi sel tubuh dari zat yang merusak tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka menjadi lambat, respon kekebalan tubuh terganggu, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi dengan baik. Saat ini tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi vitamin C secara langsung efektif dalam mencegah penularan virus Corona baru (SARS-CoV-2) atau mengobati penyakit yang ditimbulkan COVID-19. Namun, penelitian telah menunjukkan penyuntikkan vitamin C intravena (IV) sebagai pengobatan COVID-19.

Sedang dilakukan lebih banyak uji klinis untuk pengobatan, bukan penceghan, menggunakan infuse IV, bukan terapi oral. Namun, jika sedang flu, vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan gejala yang tidak terlalu [arah dan pemulihan yang lebih cepat. Untuk orang dewasa, batas yang dapat ditoleransi adalah 2000 miligram (mg) sehari.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang ada dalam satu porsi:

  • Potassium dari jeruk
  • Vitamin A dari jeruk dan anggur
  • Vitamin b-6 dari jeruk
  • Vitamin b-9 (folat) dari jeruk
  • Vitamin c dari semua jenis makanan asam
  • Zinc dari jeruk

2. Apel hijau, wortel, dan jeruk

Wortel, apel dan jeruk adalah kombinasi ungul untuk membantu tubuh melindungi dirinya sendiri dan melawan infeksi. Apl dan jeruk memberi vitamin C. vitamin A yang juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, hadir dalam wortel dalam bentuk beta karoten antioksidan. Wortel juga mengandung vitamin B-6 yang berperan penting dalam proliferasi sel kekebalan dan produksi antibodi. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu porsi:

  • Potassium dari wortel
  • Vitamin A dari wortel
  • Vitamin B-6 dari wortel
  • Vitamin B-9 (folat0 dari jeruk
  • Vitamin c dari jeruk dan apel

3. Buah bit, wortel, jahe dan apel

Jus penguat dari Minimalist Baker ini menampilkan tiga sayuran akar yang akan membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala peradangan. Peradangan seringkali merupakan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi yang berasal dari virus atau bakteri. Gejala flu termasuk di dalamnya pilek, batuk, dan nyeri tubuh.

Orang yang menderita rheumatoid arthritis mungkin menemukan jus ini sangat bermanfaat, karena jahe memiliki efek anti-flamasi. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu porsi:

  • Potassium dari wortel, buah bit, dan apel
  • Vitamin A dari wortel dan buah bit
  • Vitamin B-6 dari wortel
  • Vitamin b-9 (folat) dari buah bit
  • Vitamin C dari apel

4. Tomat

Cara terbaik untuk memastikan jus tomat segar dan tidak mengandung banyak bahan tambahan adalah dengan membuatnya sendiri. Simply Recipes memiliki resep luar biasa yang hanya membutuhkan beberapa bahan. Tidak diperlukan juicer ataupun blender. Tomat kaya akan vitamin B-9 yang biasa dikenal dengan folat. Ini membantu menurunkan resiko infeksi. Tomat juga mengandung magnesium dalam jumlah sedang, anti-inflamasi. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu porsi:

  • Magnesium
  • Potassium
  • Vitamin A
  • Vitamin B-6
  • Vitamin B-9 (folat)
  • Vitamin c
  • Vitamin K

5. Kale, tomat, dan seledri

Kale adalah bahan pokok dalam membuat jus hijau, namun bereda dengan kale mary yang dibuat oleh Tesco, Tesco membuat jus kale dengan warna merah dan ini menjadikan kale mary milik Tesco menjadi satu-satunya. Alih-alih menggabungkan rasa kale dengan buah-buahan manis, resep ini menggunakan jus tomat, membuat jus ini mengandung vitamin A yang lebih dari cukup. Berikut adalah kandungan nutrisi yang ada dalam satu porsi:

  • Magnesium dari jus tomat
  • Mangan dari kale
  • Potassium dari jus tomat
  • Vitamin A dari kale dan jus tomat
  • Vitamin B-6 dari jus tomat
  • Vitamin B-9 ((folat) dari jus tomat
  • Vitamin C dari kale dan jus tomat
  • Vitamin K dari jus tomat.

Sekian beberapa resep minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi ini. Semoga artikel ini dapet membantu dalam menambah wawasan dan informasi untuk para pembaca.(mg/ndy)

Komentar

Loading...