Banjir di Kota Bekasi, Syaikhu: Dicari Akar Masalahnya dan Solusi Tepat

Jakarta – Anggota Komisi V DPR Ahmad Syaikhu menyatakan prihatin atas peristiwa banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, 24 Oktober 2020 lalu. Diketahui, banjir tersebut dipicu derasnya hujan di Bogor yang mengakibatkan ketinggian air di jalur pertemuan Sungai Cileungsi dan Cikeas di atas normal hingga 740 cm.

“Saya prihatin atas musibah banjir ini, sebab musim hujan baru dimulai, tapi banjir sudah hadir dengan ketinggian hampir 2 meter,” ujar Syaikhu saat mengunjungi korban banjir di Jatirasa, Jati Asih, Kota Bekasi, Minggu (25/10/2020).

Dalam rilisnya, Senin (26/10/2020), ia berharap ada penanganan yang menyeluruh terhadap banjir tersebut, baik dari Pemerintah Kota Bekasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sampai Pemerintah Pusat.

“Dicari akar masalahnya. Lalu berikan solusi yang tepat. Harus ada penanganan yang menyeluruh,” tegas Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Dalam kesempatan tersebut, Syaikhu juga memberikan bantuan kepada korban banjir berupa paket sembako yang diserahkan langsung kepada masing-masing Ketua RW 11 dan RW 12 Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi.

“Bantuan ini tidak seberapa dibanding derita yang bapak dan ibu alami ini. Jadi mohon dilihat sebagai bentuk perhatian dari kami,” imbuh mantan Wakil Wali Kota Bekasi yang juga Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini.

Sebagaimana diketahui hujan yang mengguyur Kota Bekasi beberapa hari kemarin telah menyebabkan banjir di beberapa wilayah Bekasi. Tidak sedikit rumah warga yang terendam akibat banjir. Penyebab banjir diduga karena hujan deras yang berada di hulu. Akibatnya Kali Bekasi tidak dapat menampung debit air yang tinggi.

“Hulu Kali Bekasi berada di Cileungsi dan Cikeas. Oleh karena itu, penanganannya harus terpadu,” tegas Syaikhu.

Wilayah Bekasi yang kebanjiran antara lain Pondok Gede Permai, Vila Jatirasa, Kemang Ifi Graha, Kompleks AL, Pondok Benda, Jatiasih Indah (PPA), Pondok Mitra Lestari, Jaka Kencana, Depnaker, Pekayon Jaya, Kemang Pratama, Kartini, Teluk Pucung, Bekasi Timur, Babelan, Tambun Utara.

Komentar