oleh

Hari Dokter Nasional, Senator Lampung: Apresiasi Dokter Garda Terdepan Lawan Covid-19

Bandar Lampung – Setiap 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional. Pada peringatan hari dokter nasional ini, Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Lampung dr. Jihan Nurlela memberikan apresiasi kepada dokter Indonesia, sebagai garda terdepan memerangi Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Selama masa Pandemi Covid-19 ini hingga awal Oktober 2020 saja menurut Jigan, tercatat sekitar 130 dokter yang berpulang akibat Covid-19. “Sebagai seorang dokter dan anggota DPD RI saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan dokter di seluruh Indonesia, sebagai garda terdepan melawan covid-19,” kata Jihan, Sabtu (24/10/2020).

Menurut dia, banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 harus disikapi dengan serius. Pasalnya, ini akan memengaruhi pelayanan kesehatan secara umum. Selama ini, banyak yang sudah mulai bosan dengan adaptasi kebiasaan baru sehingga abai terhadap Covid-19.

“Tenaga kesehatan, dokter, perawat, bidan sudah banyak yang menjadi korban. Masyarakat jangan abai, patuhi protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak. Menerapkan perilaku kebiasaan baru ini setidaknya bisa mengurangi potensi penularan,” tegasnya.

Dia ungkap, data yang dihimpun Komite III DPD RI, hingga 3 Oktober 2020 saja, tercatat 130 dokter, sembilan dokter gigi dan 92 perawat yang meninggal dunia akibat Covid-19. 130 dokter yang wafat, terdiri dari 67 dokter umum dengan empat diantaranya merupakan guru besar, 61 dokter spesialis dengan empat diantaranya adalah guru besar, serta dua orang residen. Keseluruhan dokter tersebut berasal dari 18 IDI Wilayah (provinsi) dan 61 IDI Cabang.

Sedangkan di Provinsi Lampung jelasnya, delapan dokter tercatat tertular Covid-19 yang ditularkan dari pasien. Beruntung delapan dokter ini berhasil sembuh setelah melakukan isolasi mandiri. Namun, belakangan, kasus penularan Covid-19 terhadap petugas kesehatan kembali terjadi. Teranyar, di Puskesmas Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung ditutup setelah empat staf Puskesmas dinyatakan positif Covid-19. Tak hanya di Bandar Lampung, Kepala Puskesmas Talang Sepuh, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus juga dinyatakan positif Covid-19.

Padahal, jumlah tenaga kesehatan terutama dokter di Indonesia sebelum pandemi Covid-19 sudah merupakan salah satu yang terendah di Asia dan dunia. Dengan jumlah dokter yang ada, rata-rata 1 (satu) orang dokter diestimasikan melayani 3.000 (tiga ribu) masyarakat. “Dengan bertambahnya korban dari pihak tenaga kesehatan akan berdampak pada pelayanan kesehatan pasien. Mulai dari pasien covid maupun non covid,” pungkasnya.

Komentar