oleh

Tiga Pebasket Asing Papan Atas Ajukan Naturalisasi

Jakarta – Tiga pebasket asing papan atas yaitu Brandon Van Dorn Jawato, Lester Prosper dan Kimberly Pierre Louis serta satu pesepakbola luar negeri Marc Anthony Klok, tengah mengajukan dirinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat jalur naturalisasi.

Keempat atlet asing yang tengah mengajukan proses naturalisasi tersebut diungkap oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, saat rapat kerja secara virtual dengan Komisi X DPR RI, Kamis (22/10/2020) malam, dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti dan dihadiri keempat atlet naturalisasi dimaksud.

“Indonesia membutuhkan tambahan kekuatan untuk tampil di pentas dunia basket pada 2023 nanti, dan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia basket dan sebelumnya harus tampil pula pada kejuaraan basket Asia,” ujar Zainuddin.

Menyikapi hal tersebut, Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno berharap empat atlet naturalisasi yang mengajukan diri menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), bisa fokus membantu tim Indonesia pada berbagai kejuaraan olahraga dunia.

“Saya surprise calon naturalisasi ini khusus dibacakan oleh seorang menteri. Berarti orang-orang ini luar biasa. Ada Brandon Van Dorn Jawato atlet basket putra 27 tahun yang masih cukup panjang kariernya. Lalu, Lester Prosper atlet basket putra 31 tahun yang sisa prestasinya masih 2-3 tahun, dan Kimberly Pierre Louis atlet basket 26 tahun,” ujar Rano.

Politikus PDI Perjuangan ini berharap, ketiga atlet basket tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh induk organisasi basket nasional, Perbasi. Karena itu, Rano mendesak agar proses pembuatan paspor Indonesia bagi empat atlet tersebut bisa dipercepat.

“Mudah-mudahan, pemanfaatan pemain ini betul-betul bisa maksimal dan paspornya bisa segera diproses untuk mempersiapkan kejuaraan di tahun 2021. Para pemain naturalisasi ini punya bakat natural dan berpengalaman di Eropa,” imbuhnya.

Komentar