oleh

DPR Berharap Rekrutmen PPPK Bisa Atasi Kekurangan Guru

Jakarta – Rekrutmen para guru honorer yang akan dijadikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dimulai pada Januari 2021 nanti. Rekrutmen ini menurut Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, untuk yang kedua kalinya setelah 2019.

“Januari 2021 nanti dibuka rekrutmen tahap kedua guru honorer yang akan direkrut menjadi PPPK dan ini memang kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi,” kata Syaiful, saat memimpin RDP secara virtual, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Hadir dalam rapat tersebut pejabat dari KemenPAN-RB, Kemendagri, Kemenkeu, Kemendikbud, dan BKN.

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, sekolah-sekolah di daerah selalu kekurangan guru sejak bertahun-tahun lalu. Kebutuhan guru di daerah sudah sangat mendesak. Kemudian guru-guru yang masih berstatus honorer juga sudah terlalu lama tak diangkat sebagai PPPK atau ASN.

“Di berbagai pelosok sekolah-sekolah kekurangan guru. Kita kekurangan guru sekitar 900 ribuan. SK para guru PPPK yang lulus tes segera bisa diterbitkan,” ungkap Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat VII ini.

Dia jelaskan, kesejahteraan bagi para PPPK berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, dan lainnya bersumber dari anggaran bagi para PPPK pusat diambil dari APBN dan PPPK daerah diambil dari APBD.

Diketahui, Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2020 tentang gaji dan tunjangan PPPK. Dalam Perpres itu disebutkan, PPPK berhak menerima gaji dan tunjangan.

Komentar