oleh

Intan Fauzi: Pandemi Covid-19 Momentum Optimalisasi Eijkman Institute

Jakarta – Anggota MPR RI Intan Fauzi berharap wabah pandemi Covid-19 bisa dijadikan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengoptimalisasi keberadaan lembaga Eijkman Institute for Molecular Biology yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka dan BUMN Bio Farma yang selama ini yang lebih banyak terlibat dengan urusan impor dan ekspor vaksin antar-negara.

“Mestinya Eijkman Institute for Molecular Biology dan Bio Farma ini lebih fokus terhadap berbagai penelitian tentang virus dan vaksinasi untuk kepentingan bangsa Indonesia. Momentumnya sekarang, di saat pandemi ini,” ujar Intan, dalam Diskusi Empat Pilar, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Kalau peranan dua lembaga tersebut fokus terhadap penelitian virus dan vaksin kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu, tentu progres Vaksin Merah Putih lebih maju dari posisi sekarang yang masih berkutat di fase I yakni uji coba klinis terhadap hewan.

“Sementara negara-negara lain sudah akan mengakhiri uji klinis fase III,” ungkap Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat VII itu.

Komentar