oleh

5 Tanda Anda Membutuhkan Air Purifier di Rumah

Air purifier merupakan salah satu alat rumah tangga yang bermanfaat untuk menghasilkan udara rumah yang lebih bersih. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tingkat polusi udara di dalam ruangan dapat menjadi lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan udara di luar. Hal ini disebabkan sirkulasi udara di dalam ruangan tertutup tidak sebebas sirkulasi udara di luar, sehingga zat polutan lebih lama berkumpul di dalam ruangan. Namun, mungkin Anda masih bingung apakah air purifier ini sebenarnya dibutuhkan? Inilah 5 tanda rumah Anda memerlukan air purifier.

 

  1. Sering mengalami gejala alergi

Apakah Anda atau keluarga Anda di rumah sering mengalami gejala alergi seperti bersin-bersin, pilek, hidung tersumbat, atau gatal-gatal? Gejala alergi memang dapat timbul karena berbagai hal, dari makanan hingga udara. Jika Anda tidak memiliki alergi terhadap makanan, bisa jadi penyebab alergi Anda adalah udara rumah yang kurang bersih. Partikel debu halus dalam udara dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Karena itu, Anda memerlukan air purifier yang akan menyaring partikel halus dari udara sehingga udara di rumah Anda lebih bersih.

 

  1. Asma sering kambuh

Asma adalah penyakit yang sangat umum. Bagi penderita asma, debu atau bulu hewan peliharaan dapat menjadi musuh yang dapat memicu kambuhnya asma. Jika Anda telah memastikan semua perabot, lantai, dan karpet bebas debu dengan menggunakan vacuum cleaner tetapi tetap saja asma sering kambuh saat di rumah, inilah saatnya Anda memakai air purifier. Membersihkan rumah dengan vacuum cleaner memang akan menyedot semua debu di permukaan lantai dan perabot. Tetapi vacuum cleaner tidak dapat membersihkan debu dari udara. Anda memerlukan air purifier agar udara rumah Anda benar-benar bebas debu dan Anda pun lebih sehat tanpa khawatir asma akan sering kambuh.

 

  1. Perabot mudah berdebu

Pernahkah Anda memperhatikan kadang debu sangat cepat menumpuk di permukaan perabotan Anda? Meskipun sudah dibersihkan setiap hari, tetap saja debu menumpuk dengan tebal di permukaan perabot. Belum lagi saat dibersihkan, debu pada permukaan perabot dapat menjadi beterbangan di udara dan membuat Anda tidak nyaman. Debu berasal dari luar ruangan dan terperangkap di permukaan perabot bisa jadi karena sistem sirkulasi udara di rumah yang kurang memadai. Debu juga dapat menumpuk dengan lebih mudah karena sifat dari perabot itu sendiri. Misalnya sofa dengan permukaan kain akan lebih mudah menyerap debu. Jika Anda mengalami ini, artinya Anda segera memerlukan air purifier di rumah Anda. Perabot rumah Anda pun akan lebih bersih dan awet, dan Anda pun tak perlu repot lagi membersihkan debu yang tebal setiap saat.

 

  1. Bau kurang sedap

Meskipun semua permukaan lantai dan jendela sudah dibersihkan setiap hari tetapi masih saja ada bau yang kurang sedap di dalam rumah? Berbagai benda di dalam rumah dapat menjadi sumber bau yang tidak sedap. Sampah di dapur, asap rokok, atau bekas popok bayi dapat menjadi sumber bau yang kadang susah hilang meskipun sudah dibuang di luar rumah. Udara yang mengandung bau dapat terperangkap di dalam rumah sehingga dapat menimbulkan bau kurang sedap. Inilah saatnya Anda memakai air purifier untuk menyerap bau dari udara sehingga udara di rumah Anda lebih segar.

 

  1. Ada anggota keluarga yang sakit

Beberapa penyakit umum seperti flu dan batuk dapat ditularkan melalui udara. Saat ada anggota keluarga yang sakit, bayangkan jika udara yang mengandung virus terperangkap di dalam rumah. Tentu anggota keluarga yang lain akan mudah tertular penyakit yang sama, karena seluruh anggota keluarga tentunya menghirup udara yang sama di dalam rumah. Saat ada yang sakit, udara yang terhirup oleh semua anggota keluarga adalah udara yang mengandung virus. Karena itu, saat ada anggota keluarga yang sakit, Anda perlu memakai air purifier. Air purifier umumnya memiliki filter HEPA yang dapat menyaring udara dari partikel berukuran mikro seperti bakteri dan virus.

 

Jika Anda mengalami salah satu dari 5 tanda di atas, maka sudah saatnya Anda membeli air purifier untuk di rumah. Memakai air purifier akan membuat Anda dan keluarga lebih sehat dan rumah menjadi lebih bersih dan nyaman.

Komentar