Komisi III DPR Minta Polri Tindak Aksi Rasisme

Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta Polri menindak dugaan aksi rasisme yang dilakukan politikus Partai Hanura Ambroncius Nababan. Sebelumnya, ujaran yang diduga rasis dari Ambroncius Nababan terhadap Natalius Pigai berbuntut panjang dengan diusutnya kasus tersebut oleh kepolisian.

“Sikap rasisme seperti itu tidak bisa ditolerir lagi. Polisi harus menindak tegas siapa pun pelakunya, apa pun jabatannya, pokoknya tidak boleh pandang bulu,” kata Sahroni, dalam rilisnya, Selasa (26/1/2021).

Menurut Sahroni, tindakan Ambroncius Nababan tidak sepatutnya dilakukan di Indonesia dengan penduduk yang heterogen. “Ini jelas-jelas tindakan rasis dan tidak sepatutnya terjadi di negara dengan rakyat heterogen seperti di Indonesia. Perilaku Ambroncius ini jelas telah mencederai nilai Pancasila dan keberagaman yang ada di NKRI,” ujarnya.

Politikus Partai NasDem itu menegaskan tindakan tegas Polri sangat dibutuhkan. Kalau kasus tersebut dibiarkan maka dapat menimbulkan kembali konflik perpecahan.

Sebelumnya, politisi Partai Hanura Ambroncius Nababan menjadi perhatian publik karena diduga telah melakukan tindakan rasis terhadap mantan Komisioner Komnas HAM dan juga tokoh Papua Natalius Pigai.

Dalam postingannya di sosial media, Ambroncius menyandingkan foto Pigai dengan gorilla. Ambroncius mengatakan unggahannya tersebut didasari dari pernyataan Natalius yang menolak vaksin Sinovac.

Komentar