DPR akan Kawal dan Dorong Pemerintah Gunakan GeNose

Yogyakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan GeNose C19 hasil riset dan inovasi Universitas Gadjah Mada saat ini banyak dipakai untuk pendeteksi awal Covid-19.

Oleh karena itu kata Melki, Komisi IX DPR RI mendorong agar GeNose C19 bisa digunakan di setiap fasilitas kesehatan dan rumah sakit di seluruh Indonesia.

“Alat kesehatan buatan dalam negeri yang kemampuannya bisa mendeteksi Covid-19 sama seperti swab PCR dan swab antigen dengan harga yang terjangkau untuk setiap kali uji, jika dipakai di Puskesmas dan sesuai sertifikasi maka kita akan antarkan,” kata Melki usai pertemuan dengan Rektor, Civitas Academica dan para peneliti UGM, di Kampus UGM, DI Yogyakarta, Senin (15/2/2021).

Melki berharap produk alat kesehatan dari UGM bisa digunakan secara luas di seluruh lapisan masyarakat dan Komisi IX DPR RI akan mengawal dan meyakinkan pemerintah untuk menggunakan alat tersebut.

“Kami akan pantau sertifikasi GeNose serta memberikan dukungan anggaran, secara politik kita mendorong produk kesehatan dari hasil rapat pemerintah yang bersifat mengikat antara DPR RI dan pemerintah,” ujar Melki.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, pada tahun lalu GeNose merupakan salah satu alat kesehatan yang dipamerkan oleh UGM di masa pandemi. Pengembangannya sangat cepat dalam membantu penanggulangan pandemi dan tentunya Komisi IX DPR RI mengapresiasi atas kemajuan dari tim GeNose.

“Selain GeNose juga ada ventilator, seiringnya waktu yang paling cepat merespons Covid yaitu GeNose. Saya pikir produk GeNose bisa dijadikan contoh Inpres Nomor 6 tahun 2016 tentang pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Rektor UGM Panut Mulyono menjelaskan, peneliti UGM merasakan tingginya dukungan Komisi IX DPR RI pada inovasi dan penemuan alat dan obat untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi serta dukungan yang diberikan oleh Komisi IX, yang memotivasi para peneliti UGM dalam menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat dan berkontribusi mencari solusi dari persoalan yang dihadapi bangsa agar segera keluar dari krisis kesehatan,” ucap Panut.

Komentar