Ini Dia 5 Alasan Penting Mengelola Data Alumni Kampus

Alumni adalah bagian penting untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Tak hanya itu, ternyata ada berbagai alasan mengapa kampus perlu mengelola data alumni.

Mengelola data alumni adalah komponen penting yang harus diperhatikan oleh perguruan tinggi. Berdasarkan informasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Ristekdikti), keberhasilan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja merupakan salah satu tolok ukur penilaian akreditasi. Alumni juga berperan dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi.

Kemajuan perguruan tinggi juga dapat diperoleh dari ilmu yang diberikan alumni kepada para mahasiswa yang masih aktif menempuh pendidikan di kampus. Tak hanya itu, alumni juga dapat berbagi keterampilan atau soft skill kepada mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Tak berhenti sampai di sana, ada beberapa alasan lain mengapa data alumni perguruan tinggi penting untuk dikelola. Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains dan teknologi yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA), merangkum tentang pentingnya pendataan alumni, dengan bantuan teknologi. Simak ulasannya berikut:

  1. Mengetahui outcome pendidikan

Sebuah perguruan tinggi pastinya menghasilkan keluaran pendidikan. Namun, hasil outcome tersebut bergantung pada proses pengolahan alumni saat masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Outcome dapat dilihat berdasarkan tujuan jangka pendek, mengengah, dan panjang.

Outcome jangka pendek berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan panduan akademik. Sementara itu, outcome jangka menengah juga berkaitan dengan kegiatan alumni saat masih aktif menjadi mahasiswa di kampus. Tujuan jangka panjang berkaitan dengan perubahan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan alumni setelah lulus dari kampus. Artinya, tujuan jangka panjang lebih memperhatikan kontribusi alumni terhadap negeri.

  1. Tracer study untuk akreditasi

Akreditasi adalah proses penilaian dan proses evaluasi institusi atau program studi yang dilakukan dengan kriteria penilaian tertentu. Hasil akreditasi biasanya digunakan oleh perguruan tinggi untuk penerimaan mahasiswa dan karyawan.

Akreditasi juga merupakan upaya pemerintah untuk menjamin mutu alumni kampus. Oleh karena itu, pelacakan atau tracer study alumni bermanfaat untuk akreditasi. Mengelola data alumni dapat dilakukan dengan cara mengetahui tempat alumni bekerja dan profesi yang mereka kerjakan.

  1. Monitor sebaran lulusan perguruan tinggi

Kampus akan meluluskan ratusan hingga ribuan mahasiswa setiap tahun. Hal itu tentunya akan membuat lulusan perguruan tinggi menyebar, baik secara geografis maupun instansi. Untuk mengetahui sebaran alumni perguruan tinggi, sebaiknya kampus menciptakan situs khusus alumni untuk memudahkan kampus mengelola data alumni dan menjaring mahasiswa baru di daerah geografis alumni.

  1. Mengevaluasi perguruan tinggi

Salah satu cara mengelola data alumni adalah mengevaluasi perguruan tinggi. Evaluasi adalah kegiatan membandingkan input dan output serta hasil lulusan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Nilai evaluasi ini dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dan mengukur keberhasilan pencapaian perguruan tinggi tersebut. Selain itu, evaluasi juga dapat digunakan untuk mengkaji permasalahan manajemen, seperti alur pendaftaran.

  1. Menciptakan ikatan alumni yang kuat

Almamater dan ikatan alumni yang kuat akan memberikan manfaat bagi perguruan tinggi. Kekerabatan antar almamater dan alumni akan meningkatkan lulusan-lulusan terbaik. Untuk meningkatkan ikatan tersebut, perguruan tinggi dapat menciptakan organisasi yang berisi alumni.

Itulah lima alasan penting mengelola data alumni kampus. Untuk mengelola data tersebut, sebaiknya kampus atau perguruan tinggi mulai menciptakan sebuah situs atau platform teknologi khusus dengan sistem yang bisa mengakomodir pendataan alumni sekaligus menjaring lulusan perguruan tinggi. Kamu tertarik mempelajari ilmu teknologi lebih mendalam? Mari menjadi bagian dari keluarga besar Institut Teknologi Batam (ITEBA). Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs ITEBA pada https://iteba.ac.id dan ketahui lebih jauh tentang #ImproveOurCompetence.

Komentar