oleh

Temui LBP, Emma Minta Lengkapi Infrastruktur Pelabuhan Teluk Tapang dan Jalan Pessel-Solsel

Jakarta – Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) Hj Emma Yohanna meminta pemerintah agar proyek Pelabuhan Teluk Tapang, di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat segera dilengkapi dengan infrastruktur pendukungnya.

Sebagai Pelabuhan Nusantara menurut Emma, Teluk Tapang tentu harus didukung oleh akses jalan yang memadai serta bangunan-bangunan penunjang lainnya.

Permintaan tersebut disampaikan langsung oleh Emma kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP) dalam pertemuan bersama sejumlah anggota DPD RI dari Sumatera, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

“Tadi saya minta, supaya Proyek Pelabuhan Teluk Tapang, segera dilengkapi infrastruktur penunjang. Sebab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menganggarkannya. Masyarakat ingin Pak Menko mendorong pembangunan infrastruktur pendukungnya agar sesuai dengan rencana,” kata Emma.

Untuk melihat pentingnya Pelabuhan Teluk Tapang dilengkapi dengan infrastruktur penunjang, Emma langsung mengundang Luhut Binsar Panjaitan datang ke Pasaman Barat.

“Pak Menko, silakan datang ke Pelabuhan Teluk Tapang, sebab masyarakat sangat berharap infrastruktur penunjang pelabuhan itu lengkap dan memadai. Beliau menyatakan siap,” ungkap peraih suara terbanyak Pileg DPD RI daerah pemilihan Sumbar itu.

Selain itu, Emma juga mengusulkan dibukanya jalan baru yang menghubungkan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Solok Selatan, untuk menuju Muara Labuh.

“Ini adalah aspirasi dari para tokoh masyarakat dan ninik mamak yang datang ke Kantor DPD RI yang telah menyampaikan keinginan mereka supaya di buat jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Emma juga mengungkap keinginan Menko Luhut Binsar Panjaitan terhadap semua proyek di Indonesia harus didahului oleh berbagai penelitian dengan melibatkan berbagai perguruan tinggi yang ada.

“Supaya setiap proyek yang dibangun harus melalui research atau penelitian yang dikerjasamakan dengan kampus atau perguruan tinggi sebagai salah satu implementasi dari kampus merdeka,” ungkap Emma, mengutip pernyataan Menko Maritim dan Investasi.

Tujuannya imbuh Emma, supaya apa yang dibuat oleh pemerintah mendatangkan manfaat untuk rakyat dan tidak menghamburkan anggaran. “Khusus kepada pemerintah daerah, Pak Menko tadi juga minta agar fokus dengan pengembangan potensi yang ada,” pungkasnya.

 

Komentar