Hadir Undangan Virtual Sidang Promosi Doktor Ibas, Sultan: Beliau Calon Pemimpin Masa Depan

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) telah menjalani sidang promosi doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (10/6/2021). Sidang yang digelar secara daring dimulai pukul 13.00 WIB.

Dalam sidang, Ibas panggilan beken Edhie Baskoro Yudhoyono, mempresentasikan disertasi yang berjudul “Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif”.

Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin mengucapkan selamat dan bangga atas pencapaian oleh putera kedua Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono ((SBY) itu.

“Selamat untuk beliau. Saya saksikan langsung apa yang dipaparkan oleh Mas Ibas. Gagasan dalam disertasinya sangat menarik. Dan saya yakin skema yang diusungnya akan dapat digunakan sebagai salah satu rujukan pemerintah dalam membangun sektor pariwisata,” kata Sultan.

Apalagi lanjut Senator asal Provinsi Bengkulu itu, saat ini kondisi sektor pariwisata sedang mengalami kesulitan semenjak dilanda Pandemi global Covid-19, tambah Sultan.

“Masa Pandemi sangat berdampak pada semua sektor termasuk industri pariwisata, Sebelumnya industri pariwisata yang ada di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat usai tagar “Wonderful Indonesia” mulai dikenal dunia. Tetapi selama masa pandemi ini baik turis lokal maupun mancanegara mengalami penyusutan jumlah yang sangat signifikan. Dari banyaknya sektor yang terkena dampak pandemi, industri pariwisata merupakan salah satu yang terkena dampak terbesar dibanding industri-industri lainnya,” ungkap Sultan.

Menurut “Worl Travel And Tourism Council”, kerugian yang dialami Indonesia semenjak Januari dari industri pariwisata adalah kurang lebih USD1,5 miliar. Penutupan akses bagi turis-turis dari Tiongkok merupakan salah satu alasan terbesarnya. Pada Februari adalah Tahun baru Cina yang merupakan peak season. Wisatawan dari Tiongkok yang mendominasi banyaknya turis asing pada peak season kali ini.

“Pariwisata memang harus dibangun terpadu dengan semangat berkelanjutan dan terbuka. Dan skema pembiayaan serta investasi harus menjadi kunci. Selain itu juga yang tak kalah penting bahwa masyarakat tetap diletakkan sebagai subjek utama dalam pembangunan seluruh potensi pariwisata. Dan presentasi Mas Ibas mengupas semuanya secara tuntas,” ujar Sultan.

Selain itu Sultan juga menjelaskan bahwa sidang ini juga membuktikan bahwa Mas Ibas memiliki kapabilitas serta dedikasi yang besar untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dan semoga wawasan serta pengetahuan yang ditawarkan beliau dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia.

Dalam sidang promosi Doktor Ibas di IPB ini, disaksikan tidak hanya oleh SBY dan kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono, tetapi oleh semua para pejabat teras DPP Partai Demokrat beserta undangan terbatas bagi pihak tertentu.

“Sekali lagi selamat Mas Ibas, dan dengan kapasitas dan keilmuan yang dimiliki saya yakin beliau menjadi pemimpin besar di masa yang akan datang,” pungkas Sultan.

Komentar