oleh

Politikus NasDem Tolak Opsi Garuda Indonesia Pailit

Jakarta – Pilihan pailit atau likuidasi bukan opsi yang tepat bagi maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero). Oleh karena itu, kata anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) Nyat Kadir, menolak wacana tersebut.

“Garuda Indonesia telah menjadi bagian dari sejarah panjang bangsa Indonesia,” ujar Kadir yang hadir secara virtual saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI dengan PT Garuda Indonesia, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Anggota DPR dari daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau itu juga menjelaskan perihal aspirasi dari serikat karyawan PT Garuda Indonesia yang sebenarnya tidak sepenuhnya menyalahkan manajemen ataupun direksi perusahaan pelat merah itu.

“Mereka (serikat) datang ke DPR nuansanya positif, tidak terlalu menyalahkan pihak Garuda. Mereka justru menyesalkan ketidakjelasan negara dalam mendukung maskapai itu,” tegasnya.

Kadir juga mengkritisi agar Garuda tidak hanya memikirkan perkara bisnis perusahaan saja. “Tidak hanya untung-rugi saja, Garuda juga menjadi penghubung nusantara sejak awal kemerdekaan. Mereka (serikat) tidak sudi dibangkrutkan, sebab rakyat Indonesia mempunyai kebanggaan terhadap maskapai ini,” ungkapnya.

Terakhir, Kadir menyarankan sebaiknya Direksi Garuda Indonesia diisi oleh para profesional. “Terkait dengan rencana pensiun dini para karyawannya, saya berharap perusahaan berkomunikasi yang baik dengan seluruh pegawainya,” imbuh Kadir.

Komentar