Netty: Maknai Kemerdekaan dengan Fokus Kepada Pengendalian Pandemi

JAKARTA  – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengajak masyarakat memaknai  17 Agustus  sebagai momentum merefleksikan   perjuangan para pahlawan dengan  kesungguhan dan fokus  berperang melawan pandemi.

“Setiap masa memiliki tantangannya  sendiri. Saat ini kita dihadapkan dengan ancaman bencana  kesehatan  dan permasalahan ekonomi yang dapat membuat bangsa kian terpuruk. Mari maknai kemerdekaan dengan meningkatkan persatuan,  bergandeng tangan melawan pandemi.  Singkirkan kepentingan pribadi dan kelompok serta fokus bersinergi dalam  upaya   pengendalian Covid-19,” katanya dalam keterangan media, Selasa (17/08/2021).

Netty meminta  pemerintah agar fokus pada sektor kesehatan untuk mengendalikan penyakit.

“Pemerintah harus  fokus pada penguatan sektor kesehatan sebagai basis masalah pandemi. Jangan setengah hati.  Tingkatkan anggaran kesehatan dan  perlindungan sosial sebagai bentuk keseriusan penanggulangan pandemi,” katanya.

Oleh karena itu, Netty mempertanyakan alasan turunnya anggaran  kesehatan dari Rp326,4 Triliun tahun 2021 menjadi 255,3 triliuin di tahun 2022 (21,8 persen).

“Bukankah  ini saatnya kita memperbesar anggaran kesehatan?  Ada begitu banyak persoalan dalam managemen pandemi yang harus dibereskan dan membutuhkan dukungan anggaran.  Serangan Covid-19  telah menunjukkan betapa rapuh struktur kesehatan yang kita miliki,” tambahnya.

Netty mengapresiasi  para  petugas yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 sebagai pahlawan. “Dulu  para pahlawan memegang senjata untuk mengusir penjajah, maka sekarang kita banyak menemukan pahlawan yang memegang jarum suntik, menggali makam, menyetir ambulan, mendorong brankar dan sebagainya. Mereka adalah para pahlawan masa kini yang harus mendapat perhatian dari negara,” katanya. (***)

Komentar