Sultan Minta Pemprov Bengkulu Beri Sesi Khusus Pemkab dan Pemko dengan Kementerian

Liputan.co.id, Jakarta – Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin mendorong semua pemerintah kota dan kabupaten di Provinsi Bengkulu memaksimalkan kunjungan kerja berbagai pejabat kementerian ke Bengkulu pada tanggal 27-29 September nanti.

“Ini adalah momentum yang harus dimaksimalkan oleh para bupati dan wali kota dalam membangun hubungan kerja sama dan mempromosikan potensi daerah kepada kementerian terkait yang melakukan kunjungan kerja ke daerah,” kata Sultan, Minggu (26/9/2021).

Pandemi Covid-19 yang masih dalam proses pemulihan, kata Sultan, telah memengaruhi hubungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah selama ini. Maka tak heran banyak agenda pembangunan di daerah tersendat.

“Oleh karena itu Pemda harus jemput bola. Aktif membangun komunikasi dengan para utusan kementerian terkait. Tugas kami saat ini sebagai Senator hanya menjadi penghubung dan fasilitator. Selebihnya silahkan para bupati dan wali kota berinteraksi secara langsung dengan pihak kementerian,” tegas Sultan.

Lebih lanjut Sultan mengusulkan agar pemerintah Provinsi Bengkulu menyediakan sesi khusus untuk Pemkab dan Pemko dengan kementerian dalam bentuk goverment match, sebagai ruang dialog intensif kepada para eksekutif Pusat dan Daerah. Harus dibentuk link and match kedua pihak, di tengah pandemik Covid-19.

“Banyak potensi daerah yang harus dikembangkan pasca dibangunnya infrastruktur. Itu yang tak kalah penting bagi Pemda setempat. Jika tidak ingin infrastrukturnya menjadi mubazir. Begitu pun bagi kementerian, mereka harus membawa pulang gambaran peta potensi wilayah dan daerah sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi dalam internal masing-masing kementerian,” pungkas Sultan.[liputan.co.id]

Komentar