Kapolri: Tindak Polisi Sewenang-wenang, Sahroni Sarankan Propampolri Gandeng Komnas HAM

Liputan.co.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah memberi arahan kepada jajaran Kapolda dan Kapolres untuk tegas terhadap anggota kepolisian yang melanggar aturan.

Menurutnya, ketegasan itu tidak hanya pemanis bibir, Kapolri juga dengan tegas meminta Propam Polri menggandeng Komnas HAM untuk menindak tegas seluruh anggota Polri yang melanggar, dan sewenang-wenang kepada rakyat.

“Begitu ada masalah yang meresahkan masyarakat, Kapolri langsung mengeluarkan instruksi tegasnya, dan ini membantah semua tuduhan yang menyebut bahwa kepolisian kita anti-kritik karena kenyataannya Pak Kapolri mendengar dan langsung melakukan aksi tegas. Selain itu, untuk jajaran polisi di bawahnya, mereka perlu juga evaluasi kinerja, jangan setiap hari Kapolri yang pasang badan,” kata Sahroni, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Politikus Partai NasDem DPR RI ini menilai, Kapolri tak akan tinggal diam ketika ada anggota Polri melakukan pelanggaran, apalagi melakukan kekerasan. Arahan Listyo Sigit yang tegas dan keras itu ujar Sahroni, menunjukkan komitmen kepolisian tidak main-main dalam menindak oknum Polri yang melanggar aturan.

“Arahan yang disampaikan Pak Kapolri kemarin menunjukkan bahwa beliau benar-benar serius dalam menanggapi berbagai pelanggaran aturan yang dilakukan oleh oknum polisi di bawahnya. Beliau tegas, cepat, dan tidak main-main dalam memastikan polisi bertugas sesuai koridor,” tegas Sahroni.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberi arahan kepada jajaran Kapolda dan Kapolres untuk tegas terhadap anggota yang melanggar aturan. Arahan ini muncul seiring dengan berbagai insiden terkait kinerja kepolisian belakangan ini.[liputan.co.id]

Komentar