oleh

Pimpin Pilot Project Ekonomi Syariah, Gubernur Sumbar Raih Penghargaan

Liputan.co.id, Jakarta – Wujud dari komitmen Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi dalam mengembangkan ekonomi syariah mendapat apresiasi di tingkat nasional lewat perhelatan Indonesia Awards 2021, di INews Tower, Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/21).

Didampingi Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Sumbar, Gubernur Mahyeldi hadir langsung untuk menerima anugerah Indonesia Awards.

Di antara banyak provinsi di Indonesia, Sumbar diakui memiliki prospek terdepan dalam penerapan sistem perekonomian syariah karena punya falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah atau adat bersendikan agama dan agama bersendi Al Quran.

Kemudian persentase penduduk muslim di Sumbar yang mencapai 95 persen diyakini akan mudah menerima sistem keuangan dan perekonomian syariah. Atas alasan itu pula, Sumbar ditetapkan sebagai pilot project dalam pengembangan ekonomi syariah ini.

Di antara gebrakan Buya Mahyeldi dalam memimpin Sumbar sebagai pilot project penerapan ekonomi syariah yaitu, melakukan konversi Bank Nagari dari bank konvensional ke Bank Umum Syariah, pelaksanaan program wakaf uang, dimana Bank Nagari ditunjuk sebagai lembaga keuangan pengelola wakaf, hingga pengembangan koperasi-koperasi berbasis syariah.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi penghargaan Indonesia Awards ini dan berharap semoga ini menjadi salah satu penambah semangat bagi masyarakat Sumbar, dalam mengaplikasikan perekonomian syariah di Ranah Minang.

“Tentu kita semua bersyukur atas apresiasi ini. Hal ini menandakan bahwa upaya pengembangan ekonomi syariah kita di Sumbar semakin diakui dan didukung secara nasional. Semoga ini bisa menjadi penambah semangat bagi semua pihak yang yang terlibat dalam pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Barat,” ujar Buya Mahyeldi.

Indonesia Awards 2021 adalah ajang special event tahunan yang memberikan penghargaan bagi para tokoh pemimpin daerah dan tokoh nasional serta lembaga yang telah berjuang secara maksimal menunjukkan langkah-langkah responsif, antisipatif dan kolaboratif.

Khususnya di masa krisis ini, Indonesia Awards mengambil temanya tak jauh dari pandemi, Outstanding Leader in Pandemic Crisis: The Power of Vision and Resilience to Get Through Tough Times. Sebagai Penghargaan bagi tokoh nasional yang berjuang membawa negeri menuju keadaan yang lebih baik.

Selain kepada tokoh nasional, Indonesia Awards ini juga diberikan kepada perusahaan atau organisasi lainnya yang telah menunjukkan keberhasilan dalam langkah-langkah strategis inovatif terhadap proses bisnis atau menunjukkan inisiatif inovasi tertentu pada suatu fungsi manajemen yang bersifat strategik, sehingga berdampak signifikan mengangkat kinerja perusahaan di masa pandemi Covid-19.[liputan.co.id]

Komentar