Komisi II DPR Harap Pelantikan KPU-Bawaslu RI Akhiri Polemik Penundaan Pemilu

JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus berharap pelantikan anggota Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI) dan anggota Badan Pengawas Pemilu RI (Bawaslu RI) Masa Jabatan Tahun 2022-2027 di Istana Negara akan mengakhiri polemik penundaan Pemilu dan wacana perpanjangan masa jabatan Presiden.

“Kami Komisi II DPR RI mengucapkan selamat kepada Anggota KPU dan Anggota Bawaslu yang telah dilantik Presiden pada hari ini, Selasa 12 April 2022,” kata Guspardi kepada TIMES Indonesia, Selasa 12 April 2022.

“Mudah-mudahan dengan pelantikan KPU dan Bawaslu ini akan mengakhiri wacana penundaan pemilu dan wacana tiga periode. Sikap kami di Komisi II sejak awal adalah tegak lurus dengan amanah konstitusi dan UUD 1945,” sambung Anggota Fraksi PAN itu.

Ia mengungkapkan, sejak awal Komisi II DPR RI tidak pernah berbicara mengenai wacana penundaan dan perpanjangan masa jabatan presiden. Komisi II DPR RI komitmen terhadap pembahasan yang telah diputuskan bersama dengan Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu sebelumnya.

Bahwa pelaksanaan Pemilu Serentak diputuskan tanggal pemungutannya pada tanggal 14 Februari 2024, Pilkada pada tanggal 27 November 2024. Pemerintah sendiri sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada Rapat Kabinet sudah menegaskan perihal jadwal Pemilu tersebut.

“InsyaAllah besok (13/04/2022) Komisi II akan melanjutkan proses pembahasan melalui Rapat Dengar Pendapat dengan KPU dan Bawaslu untuk membicarakan tindaklanjut mengenai tahapan, program dan anggaran Pemilu 2024,” terang Guspardi Gaus.

Kepada Anggota KPU RI dan Bawaslu RI yang baru saja dilantik, Anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Barat II itu berharap fokus bekerja mensukseskan penyelenggaraan Pemilu. Yakni dengan menjaga integritas, independensi dan profesionalitas.

“Komisi II berharap KPU dan Bawaslu yang dilantik akan mensukseskan Pemilu yang demokrtis, tidak hanya pemilu prosedural, tetapi pemilu yang benar-benar langsung, umum, bebas dan rahasia serta tidak terintervensi oleh pihak manapun,” demikian Guspardi Gaus.

Sekedar diketahui, hari ini Presiden Jokowi melantik 7 Anggota KPU RI dan 5 anggota Bawaslu RI hasil fit and proper test di Komisi II DPR RI. Ketujuh Anggota KPU RI itu adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Sedangkan 5 Anggota Bawaslu RI yang dilantik, masing-masing Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda. Baik KPU maupun Bawaslu menjabat sebagai penyelenggara Pemilu untuk masa jabatan 2022-2027.

Komentar