Hasil Audit: Irjen TNI Apresiasi Kinerja Satuan TNI Wilayah Papua Barat

LIPUTAN.CO.ID, Sorong – Inspektur Jenderal (Irjen) TNI, Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) menutup kegiatan Audit Kinerja Inspektorat Jenderal TNI Periode II TA 2022, yang dilaksanakan di Komando/Satuan TNI, di wilayah Provinsi Papua Barat, bertempat di Ruang Rapat Makoarmada III, Sorong, Papua, Kamis (16/6/2022).

Dalam sambutannya Irjen TNI memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh seluruh Kasatker di Komando/Satuan TNI wilayah Papua Barat dalam meningkatkan pengelolaan anggaran yang berbasis kinerja lebih transparan dan akuntabel.

Faktanya tercermin dari hasil pelaksanaan audit terdapat beberapa kemajuan dalam pengelolaan anggaran, baik dari sisi perencanaan sampai pertanggungjawaban dalam tahap pengakhiran.

Irjen TNI memberikan arahan kepada para komandan satuan terkait untuk peningkatan dan perbaikan kinerja di satuannya antara lain adalah dengan menerapkan dan mengaplikasikan pengelolaan anggaran/keuangan yang modern, handal, transparan dan akuntabel dengan tetap mematuhi, mempedomani serta menaati seluruh perundangan dan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut Irjen TNI menyampaikan untuk terus meningkatkan kinerja satuan/organisasi, pelajari, pahami dan terapkan kebijakan serta strategi tentang New SPIP (Sistem Pengawas Internal Pemerintah) terintegrasi, canangkan dan laksanakan pembangunan zona integritas di setiap satker dan manfaatkan serta maksimalkan peran APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) selaku assurance dan consulting untuk dapat memberi nilai tambah serta meningkatkan proses tata kelola organisasi, manajemen resiko dan proses-proses pengendalian di satker.

Hadir pada kegiatan tersebut Pangkoarmada III, Pangdam XVIII/Ksr, Danrem 181/PVT, Danlantamal XIV, Danpasmar-3 serta seluruh Kasatker di Komando/Satuan TNI di wilayah Papua Barat.

Komentar