oleh

Gandeng Diskominfo, Danrem Merauke Siapkan Internet Gratis di Sektor Selatan Papua

LIPUTAN.CO.ID, Merauke – Korem 174/ATW selaku Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) wilayah Sektor Selatan Papua, menggelar Pos Satgas Pamtas di sepanjang perbatasan RI-PNG.

Selama ini, kawasan tersebut masih mengalami kendala jaringan komunikasi, terutama belum tersedianya layanan internet yang ada di Pos-Pos Satgas Pamtas sehingga dapat mempengaruhi keterlambatan pelaporan maupun informasi dan berdampak kepada tugas pokok satuan yang melaksanakan pengamanan perbatasan RI-PNG.

Namun saat ini, Jumat (12/8/2022), melalui upaya Korem 174/ATW selaku Kolakops Korem 174 Sektor Selatan Papua, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) menggelar jaringan layanan internet (WiFi Gratis), yang sudah terpasang di Pos-Pos Satgas Pamtas RI-PNG dan saat ini sudah dapat digunakan.

Ide kerja sama dengan Kominfo penyediaan layanan internet diawali dengan Danrem 174 Merauke Brigjen TNI E. Reza Pahlevi selaku Komandan Kolakops Korem 174/ATW meninjau Pos-pos Pamtas RI-PNG yang masih belum bisa mengakses jaringan layanan internet.

Bahkan ada yang mencari lokasi jaringan sinyal jauh dari pos dan ada yang menggantung HP di atas pohon demi mendapatkan sinyal. Hal ini menjadi kendala sistem pengendalian dan pelaporan setiap pos-pos penugasan yang tergelar disepanjang perbatasan RI-PNG.

Kendala jaringan tersebut langsung direspon positif oleh Brigjen TNI E. Reza Pahlevi untuk segera mengambil langkah bekerjasama dengan Diskominfo melalui Bhakti Kominfo yang selaras dengan programnya menggelar jaringan internet melalui PT. Palapa Timur Telematika (PTT) hingga di seluruh pelosok kampung di wilayah perbatasan RI-PNG dengan menggelar layanan internet memasang WiFi gratis.

Pemasangan jaringan internet di pos-pos yang berada di wilayah perbatasan hingga saat ini sudah terealisasi sekitar 5 titik akses internet yaitu 3 titik di Kabupaten Merauke antara lain di sektor Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali yaitu Pos Barky, Makadi, Kwell dan akan dipasang 11 titik lagi di wilayah sektor Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro yang saat ini sudah terpasang yaitu Pos Kali Sunu dan Camp Modern.

“Dengan tersedianya layanan jaringan internet gratis ini sangat bermanfaat dan yang utama dapat mendukung selama pelaksanaan tugas operasi, memudahkan personel yang ada di pos untuk berkomunikasi dengan keluarga dan juga memudahkan anggota bila mana ada trouble alat komunikasi berupa radio/perlengkapan komunikasi yang ada, dengan cara mengakses internet,” kata Brigjen TNI E. Reza Pahlevi.

Selain itu menunjang moril anggota dan motivasi dalam pelaksanaan tugas pokok menjadi lancar serta membawa dampak positif bagi warga masyarakat yang ada disekitar pos,” jelasnya.

Komentar